Politik Filipina

Putra Cory Aquino Dijagokan Jadi Presiden

VIVAnews - Sekitar 60 persen rakyat Filipina diyakini menjagokan Senator Benigno "Noynoy" Aquino III sebagai presiden baru Filipina pada pemilu Mei 2010. Ini berdasarkan jajak pendapat oleh Social Weather Stations (SWS). Lembaga itu meminta para responden menulis tiga nama kandidat presiden yang mereka sukai.

Survei yang dilakukan 18 hingga 21 September lalu dan diumumkan Rabu, 14 Oktober 2009, menunjukkan bahwa putra mendiang presiden Corazon "Cory" Aquino itu berada di urutan teratas. Aquino diikuti oleh Senator Manny Villar yang mendapat 37 persen, dan mantan presiden Joseph Estrada dengan 18 persen suara.

Seperti dikutip dari laman stasiun televisi ABS-CBN News, sebanyak 1.800 responden usia dewasa ambil bagian dalam survei nasional dengan margin kesalahan kurang lebih 2,3 persen ini.

Di bawah tiga nama di atas, terdapat nama Senator Francis Escudero dengan 15 persen suara dan Menteri Pertahanan Gilberto Teodoro, kandidat dari pemerintahan yang sedang berkuasa di bawah kepemimpinan Arroyo, mendapat 4 persen suara.

Senator Aquino mengatakan akan memenangkan pemilihan presiden kecuali dia menjadi korban kecurangan pemilihan atau bila muncul ancaman yang membahayakan keselamatannya.

Aquino mengumumkan kesediannya untuk mencalonkan diri sebagai presiden pada 9 September lalu, atau 40 hari setelah ibunya wafat. Presiden Partai Liberal, Mar Roxas, sebelumnya sudah mengatakan siap menjadi pasangan Aquino.

Nasib Tragis Kucing Okin: Dikabarkan Mati, Rachel Vennya Ungkap Fakta Mengejutkan!
Layanan Bengkel Siaga Suzuki 2024

Suzuki Siapkan 66 Bengkel Siaga Dukung Mudik Lebaran 2024

Tradisi mudik Lebaran tahun ini diprediksi akan kembali ramai setelah dua tahun terhambat pandemi COVID-19. Untuk mendukung kelancaran dan kenyamanan pemudik, PT Suzuki I

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024