Misi Budaya Indonesia di Manca Negara

Tari Cendrawasih Wakili Kesenian Asia di Ceko

VIVAnews - Tari Cendrawasih dan tari Merak berhasil ditampilkan secara apik oleh para penari Indonesia di Festival Folklore Internasional ke-10 di Kota Frenstat Pod Rodhestem, Ceko, pada Jumat 28 Agustus 2009.

Selain menampilkan kesenian rakyat dari berbagai wilayah di Ceko, festival tersebut juga menampilkan peserta internasional dari Indonesia, Polandia, Slovakia dan Israel.

Siaran pers Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Praha mengungkapkan bahwa sebagai satu-satunya rombongan dari Asia, tari Cendrawasih dan Merak mendapat sambutan yang baik dari para penonton yang memenuhi lapangan di depan Balaikota. Sambutan tersebut juga terlihat dari antusiasme penonton yang ingin berfoto bersama para penari dengan baju tarinya.

Tampak hadir diantara para penonton adalah beberapa masyarakat Indonesia yang tinggal diseputar wilayah tersebut.

Malam harinya para peserta festival kesenian rakyat Ceko itu dijamu oleh Walikota Frenstat dan Deputi Menteri Pertahanan serta beberapa pejabat Ceko. Pada kesempatan jamuan tersebut disuguhkan aneka makanan dan minuman khas dari kota tersebut.  

Pada hari kedua (Sabtu, 29/8) para peserta folklore mengikuti parade dengan mengenakan busana tradisional mengelilingi Balaikota Freenstat. Setelah itu Delegasi Indonesia secara khusus dijamu oleh Walikota Frenstats, Stanislav Hrabovsky, dan membicarakan rencana Pameran Produk dan Budaya Indonesia yang akan dilakukan di kota tersebut sepanjang musim panas tahun depan.

Khawatir Ada Aksi saat Putusan Sengketa Pilpres, TKN Siapkan Satgas Khusus
Situasi bangunan Pasar Kutabumi telah dibongkar

Pembongkaran Pasar Kutabumi Diwarnai Kerusuhan, Sejumlah Orang Mengalami Luka-luka

Pembongkaran Pasar Kutabumi, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, kembali diwarnai kerusuhan, Jumat, 19 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024