Peringatan HUT-RI di Manca Negara

Yosim Pancar Meriahkan Pesta Rakyat di Ceko

VIVAnews - Peringatan HUT RI ke-64 di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Praha, Ceko, menampilkan suguhan yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kali ini, pentas Tari Yosim Pancar dari Papua dan tari Lenggang Nyai dari Betawi serta aneka makanan tradisional menjadi fitur utama pesta rakyat Indonesia di negeri Eropa Tengah itu.

Siaran pers KBRI Praha mengungkapkan pesta itu diawali upacara Peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia di Praha dipimpin oleh Duta Besar Salim Said, Senin pagi 17 Agustus 2009 waktu setempat. Upacara berupa pengibaran Bendera Merah Putih dilanjutkan dengan pembacaan Prokolamasi, Pancasila, Pembukaan UUD 1945 dan Doa yang kesemuanya dilakukan oleh masyarakat Indonesia yang tinggal di Praha.

Selesai acara resmi tersebut warga Indonesia dan para sahabat Indonesia dari Ceko dihibur oleh Rombongan Seni Universitas Negeri Jakarta yang  menampilkan Tari Yosim Pancar dan Lenggang Nyai. Selain itu rombongan yang akan mewakili Indonesia pada International Folklore Festival 2009 di kota Pisek dan Praha tersebut juga menampilkan lagu-lagu daerah yang dimainkan secara langsung dengan menggunakan berbagai instrumen tradisional.

Acara semakin semarak dengan diberikannya berbagai hadiah kepada para pemenang lomba olah raga seperti bulu tangkis, tennis meja, darting, tarik tambang, bilyar, serta aneka lomba permainan anak.

Ketahui Manfaat dan Risiko Saham Blue Chip, Dapatkan Dividen yang Konsisten

Para hadirin semakin bergembira dengan diundinya berbagai hadiah yang diberikan oleh mitra kerja KBRI Praha dari berbagai restoran, hotel, perusahaan, hingga hadiah utama berupa tiket pulang-pergi ke Indonesia dari Turkish Airlines yang dimenangkan oleh warga Ceko bernama Marie Gultom Fiser.

Meski peringatan HUT RI tahun ini dilakukan di tengah hari kerja, namun masyarakat Indonesia di Ceko tetap semangat memenuhi halaman Wisma Duta. Tampak banyak pasangan campuran yang hadir membawa anak dan saudara-saudara mereka untuk lebih mengenal Indonesia.

Istri Duta Besar, Herawaty Salim Said, turut menyajikan aneka makanan Indonesia seperti Nasi Kapau lengkap dengan lauk pauk seperti Dendeng Batako, Ikan  Goreng, Sambel Ijo, juga ada Soto Ambengan serta Rujak Tahu yang diserbu para hadirin yang sudah rindu akan  makanan dari tanah air.

Penumpang bus dari terminal Batoh, Banda Aceh. VIVA/Dani Randi

Arus Mudik di Aceh Diprediksi Meningkat 9 Persen pada 2024

Pergerakan arus mudik hari raya Idul Fitri Tahun 2024 di Provinsi Aceh diprediksi mengalami peningkatan dibanding tahun lalu.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024