In Memoriam Corazon Aquino

Penghormatan Terakhir Arroyo Kepada Cory

VIVAnews - Presiden Filipina, Gloria Arroyo, memberikan penghormatan terakhir untuk Corazon Aquino, Rabu 5 Agustus 2009. Arroyo mempersingkat kunjungan kerja di Amerika Serikat (AS) begitu mendengar Aquino wafat Sabtu pekan lalu dalam usia 76 tahun karena penyakit kanker.

Menurut stasiun televisi Channel News Asia, Arroyo bertemu dengan keluarga Aquino di Katedral Manila pada Rabu dini hari waktu setempat. Puluhan ribu orang mengunjungi katedral tempat jenazah Aquino disemayamkan. Upacara pemakaman akan dilakukan hari ini.

Mengenakan blazer putih, serta didampingi sejumlah asisten, Arroyo berjabat tangan dengan oposisi Senator Benigno Aquino III, putra almarhum dan salah satu orang paling kritis terhadap Arroyo. Arroyo hanya berdiri sekitar 10 menit dengan berdoa singkat di samping peti jenazah.

Sebenarnya Arroyo memiliki konflik dengan Aquino. Pasalnya, Cory - begitu panggilan populer Corazon Aquino - sempat meminta Arroyo mundur sebagai presiden setelah dituduh melakukan kecurangan pemilu beberapa waktu lalu.

Namun, konflik itu tampaknya dikesampingkan Arroyo saat memberi penghormatan terakhir kepada Cory - yang berjasa membantu dia naik sebagai presiden setelah sukses menjungkalkan presiden korup Joseph Estrada melalui revolusi rakyat pada Januari 2001.

Putra Cory, Senator Benigno Aquino III mengaku tidak mencegah kedatangan Arroyo. "Kami akan menghormati mereka yang ingin memberikan penghormatan terakhir dan konflik pribadi tidak akan ditunjukkan," kata Benigno Aquino. Namun, Benigno menegaskan, "Kalau mereka kira kami akan senang hanya karena Arroyo berkunjung, itu tidak benar."

Aquino populer karena berperan dalam menggulingkan pemimpin diktator Ferdinand Marcos pada 1986. Beberapa tahun belakangan, Aquino sangat kritis menentang Arroyo. Dia meminta Arroyo mengundurkan diri karena tuduhan korupsi dan kecurangan pemilihan umum.

Keluarga Aquino juga meminta pemerintah untuk tidak mengikuti protokol dengan tidak mengadakan pemakaman kenegaraan untuk Aquino. Bila dimakamkan secara kenegaraan, maka akan terjadi peristiwa canggung di mana jenazah Aquino akan terbaring di istana presiden, tempat kerja Arroyo.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024