Peningkatan Hubungan RI - Australia

Australia Izinkan Turis RI Libur Sambil Kerja

VIVAnews - Warga Indonesia berusia 18-30 tahun kini bisa berlibur sambil bekerja di Australia sampai satu tahun. Kebijakan yang sama juga berlaku bagi pemuda Australia yang ingin menyambangi Indonesia.

Demikian ungkap Duta Besar Australia untuk Indonesia, Bill Farmer, saat menyampaikan kebijakan visa baru yang telah disepakati oleh pemerintah Indonesia.

"Sejak hari ini, pemuda Indonesia dan Australia dapat mengajukan visa kerja dan liburan yang baru, yang memungkinkan untuk tinggal dalam waktu yang cukup lama di negara mitra yang dibarengi dengan kesempatan kerja jangka pendek," kata Farmer dalam pernyataan tertulis kepada VIVAnews, Rabu pagi 1 Juli 2009.

Visa baru ini memungkinkan pengunjung Indonesia dan Australia yang berpendidikan universitas berusia antara 18-30 tahun untuk bekerja dan berlibur di negara mitra hingga 12 bulan.

“Program visa kerja dan liburan ini dirancang untuk mendorong pertukaran kebudayaan dan hubungan yang lebih erat antar pemuda dari Australia dan Indonesia. Itu merupakan sasaran kunci kedua Pemerintah,” kata Farmer.

Visa baru ini sebagai tindak lanjut penandatangan pengaturan visa kerja dan liburan oleh Senator Chris Evans, Menteri Imigrasi dan Kewarganegaraan Australia, dan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, Andi Mattalatta, di Jakarta pada 3 Maret.

Pada tahun pertama program ini, seratus pemuda Indonesia dan Australia akan berhak untuk menerima visa kerja dan liburan.

Pemohon visa dari Indonesia untuk program ini memerlukan surat dukungan dari Direktur Jenderal Imigrasi, memiliki gelar sarjana atau telah menyelesaikan dua tahun kuliah di universitas dan dapat berbicara bahasa Inggris dengan baik.

Government Targets on Acquiring 61 Percent Freeport Share

Duta Besar Australia untuk Indonesia, Bill Farmer

Bill Farmer (VIVAnews/Kedubes Australia)

4 Moscow Terrorists Under the Influence of Drugs

Pemohon juga harus memenuhi persyaratan kesehatan. Kriteria serupa juga berlaku untuk pemuda Australia yang ingin mengambil kesempatan untuk bekerja dan belajar di Indonesia.

Pemegang visa kerja dan liburan ini diperkenankan untuk bekerja hingga enam bulan dengan seorang majikan dan mengambil studi atau pelatihan hingga empat bulan.

Informasi lebih lanjut mengenai program visa kerja dan liburan dapat diperoleh di laman www.indonesia.embassy.gov.au/jakt/Checklist_WHol.html

Sandra Dewi Tak Lagi Jadi Brand Ambassador Produk Ini, Buntut Kasus Harvey?

email: renne.editor@vivanews.com

PM Georgia, Irakli Kobakhidze (Doc: Anadolu Ajansi)

Akui Umat Muslim Berkontribusi Besar Bagi Negara, PM Georgia Adakan Bukber

Perdana Menteri Georgia Irakli Kobakhidze mengadakan buka puasa bersama atau makan malam berbuka puasa, pada Kamis, 28 Maret 2024, di Ibu Kota Tbilisi, bersamaan Ramadhan

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024