Sekjen ASEAN: Phuket Tempat Konferensi

VIVAnews - Setelah sempat tertunda, konferensi ASEAN bersama negara mitra dialog menurut rencana akan diselenggarakan di Phuket, Thailand, pada Oktober mendatang.

Kementerian ESDM Ajak Masyarakat Konversi Motor BBM ke Listrik Gratis, Begini Caranya

Sekretaris Jenderal ASEAN, Surin Pitsuwan, mengatakan, "Konferensi akan diadakan di Phuket, saya kira pada tanggal 23-25 Oktober," kata Surin di Sekretariat ASEAN, Senin 15 Juni 2009.

Selain ASEAN+6, kata Surin, ASEAN+3 (dengan negara mitra Jepang, China, dan Korea Selatan) dan Konferensi ASEAN untuk tahun 2009, juga akan diadakan pada waktu itu. "Semua akan diadakan di sana," lanjut Surin.

Menurut Surin, pemerintah Thailand mengumumkan tentang jadwal baru konferensi ASEAN saat menghadiri pertemuan di Korea Selatan dalam perayaan hubungan ASEAN-Korsel, pertengahan Mei lalu.

Sebelumnya, Thailand berencana menggelar Konfrensi Asia Timur di tempat wisata Phuket pada 13-14 Juni, dua bulan setelah kelompok demonstran pendukung mantan Perdana Menteri Thaksin Shinawatra memaksa pemerintah membatalkan pertemuan di Pattaya. Namun, rencana itu kembali ditunda. Pada acara perayaan hubungan ASEAN-Korsel, 13 Mei lalu, Menteri Luar Negeri Thailand, Kasit Piromya, mengatakan, persoalan keamanan bukanlah penyebab penundaan.

Dengan menggelar pertemuan para pemimpin negara anggota ASEAN dan negara mitra di Phuket, diharapkan masalah keamanan tidak akan menjadi persoalan. Pasalnya, Phuket merupakan kubu pendukung PM Abhisit Vejjajiva dari Partai Demokrat dan koalisi yang sedang berkuasa saat ini. Penyelenggaraan pertemuan di Phuket diharapkan dapat menyelamatkan muka pemerintah Thailand.

Huru-hara yang terjadi pada April lalu saat sepuluh pemimpin negara anggota ASEAN beserta negara mitra, China, Jepang, Korea Selatan, India, Australia, dan Selandia Baru, merupakan peristiwa memalukan bagi Abhisit. Beberapa pemimpin negara harus dievakuasi dengan helikopter karena demonstran berkaos merah mengepung tempat acara di Pattaya yang terletak sekitar 150 kilometer dari Bangkok. Abhisit memberlakukan status darurat di ibukota Bangkok selama 12 hari.

Banyak Pasien Berobat ke Luar Negeri, Rumah Sakit di Indonesia Kini Dibuat Layaknya Hotel Bintang 5
Presiden Jokowi saat meninjau pembangunan smelter PT Freeport Indonesia di Gresik

Smelter Freeport di Gresik Mulai Produksi Agustus 2024 dengan Kapasitas 50 Persen

PT Freeport Indonesia (PTFI) menyatakan, Smelter di Gresik, Jawa Timur, siap beroperasi pada Juni 2024. Sedangkan, target mulai produksi pada Agustus dengan kapasitas 50%

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024