Gempa Bumi Pakistan

Korban Tewas Bertambah Menjadi 215 Jiwa

VIVAnews – Jumlah korban akibat gempa yang terjadi di wilayah Baluchistan, Pakistan, bertambah. Korban tewas akibat gempa hingga Kamis, 30 Oktober 2008, mencapai 215 orang. Pejabat wilayah Baluchistan, Zamrak Khan, mengatakan bahwa belasan orang yang terluka parah sedang mendapat perawatan di rumah sakit.

Gempa bumi mengguncang Baluchistan dua jam sebelum matahari terbenam Rabu 29 Oktober 2008 dengan kekuatan 6,4 pada skala richter. Lokasi gempa berjarak  400 mil dari barat daya ibukota Pakistan, Islamabad.

Ribuan orang menghabiskan sepanjang malam dengan berkemah di tenda-tenda yang diberikan oleh pasukan militer. Namun, mereka tidak dapat menjangkau daerah-daerah terpencil yang temperaturnya berada di titik beku.

“Tuhan, apa yang telah Kau lakukan?” ratap seorang perempuan saat memeriksa puing-puing bangunan yang runtuh akibat gempa. Perempuan yang tidak memberikan namanya itu kehilangan dua saudara laki-laki, dua anak laki-laki, dan seorang saudara ipar perempuan.

Sementara itu, para petugas keamanan membagikan selimut, tenda, jaket, dan kantung tidur bagi para korban selamat yang bertahan di daerah pegunungan dingin di barat daya Pakistan, Kamis, 30 Oktober 2008.

Pihak berwenang Pakistan hari ini mencanangkan operasi penyelamatan terhadap warga yang selamat. Pekerja darurat melakukan pencarian terakhir warga selamat atau tubuh korban yang masih tertimbun reruntuhan.

Pesawat milik pasukan Angkatan Darat membawa pasokan bantuan dan tim medis ke distrik Ziarat yang mengalami kerusakan parah. Sekitar 15.000 warga kehilangan tempat tinggal di distrik yang berada di ketinggian 6.561 kaki dari permukaan laut tersebut.

Beberapa negara seperti Amerika Serikat dan Jerman telah menawarkan bantuan. Namun, pemerintah Pakistan mengatakan bahwa mereka dapat mengatasi bencana alam tersebut tanpa bantuan besar-besaran dari pihak internasional.

Pakistan termasuk rawan terserang gempa seismik karena terletak di antara lempeng tektonik Eurasia  dan India. Gempa dengan kekuatan sama memicu terbentuknya pegunungan Himalaya.
Ibukota Baluchistan, Quetta, dihancurkan gempa bumi berkekuatan 7,5 skala richter tahun 1935 dan menewaskan lebih dari 30.000 orang. (AP)

 

KPU Ungkap Kubu Anies dan Ganjar Tak Pernah Ajukan Pembatalan Pencalonan Gibran
Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

KPU: Andai Anies-Cak Imin Menang, Apa Tetap Persoalkan Pencalonan Gibran?

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyindir kubu Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yang mempersoalkan pencalonan Gibran Rakabuming Raka sebagai Cawapres.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024