Melongok Keindahan Taj Mahal Mini

Bibi ka Maqbara, miniatur Taj Mahal
Sumber :
  • Wikimedia Commons

VIVAlife - Semua orang tahu bahwa India merupakan rumah salah satu dari tujuh keajaiban dunia buatan manusia, yaitu Taj Mahal. Namun, tahukah Anda bahwa India memiliki bukan hanya satu, tapi dua Taj Mahal?

Ya, memang terdapat sebuah monumen yang identik dengan Taj Mahal yang berdiri di Aurangabad, Maharashtra. Monumen tersebut merupakan makam yang dinamakan Bibi Ka Maqbara yang dibangun oleh Pangeran Azam Shah, putra keenam Kaisar Mughal Aurangzeb antara tahun 1651-1661 Masehi untuk mengenang sang Ibu, Dilras Banu Begum.

Bangunan makam Bibi Ka Maqbara mengambil inspirasi dari Taj Mahal yang dibangun oleh kakek Pangeran Azam Shah, Kaisar Mughal Shah Jahan untuk mengenang istrinya Mumtaz Mahal.

Azam Shah bermaksud membangun sebuah monumen yang akan menyaingi keindahan Taj Mahal. Sayangnya, ia tidak memiliki harta sebanyak sang kakek, pun tenaga kerja terampil dari Persia seperti yang dimiliki sang kakek saat membangun Taj Mahal.

Meski begitu, Bibi Ka Maqbara tetap merupakan musoleum nan indah. Kendati jauh lebih kecil dari Taj Mahal, arsitekturnya mengagumkan dengan desain yang rumit, motif ukiran yang indah serta taman bergaya Mughal. Makamnya sendiri berdiri di tengah ruangan dengan luas hampir mencapai 126 meter persegi.

Dilansir Amusing Planet, Ruangan tersebut juga dihiasi dengan taman berisi kolam dan air mancur yang dikelilingi oleh tembok tinggi serta paviliun terbuka di tiga sisi. Sementara itu, makamnya dibangun pada platform persegi tinggi dengan empat menara di tiap sudutnya persisi seperti Taj Mahal.

Respons Nagita Slavina Saat Tyas Mirasih Ingin Jual Tas demi Biaya Pengobatan

Karena kemiripan yang kuat dengan Taj Mahal, bangunan tersebut pun kemudian disebut Baby Taj atau Taj Mahal mini. Kendati sempat terbengkalai, saat ini, Bibi Ka Maqbara menjadi salah satu destinasi wisata populer di Aurangabad. (art)

Gambar Nyamuk DBD

Health Minister Ensures Hospitals Ready to Handle Dengue Patients

The number of dengue fever cases in Indonesia has increased, with over 35,000 patients so far. Meanwhile, 390 people have died due to dengue fever.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024