Di Time 100, SBY Dipuji Anwar Ibrahim

VIVAnews - Majalah Time memasukkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam katagori 100 tokoh berpengaruh 2009 di katagori "Pemimpin dan Tokoh Revolusioner." Yang lebih istimewa lagi, Time memasukkan komentar mantan wakil perdana menteri yang kini memimpin kubu oposisi di Malaysia, Anwar Ibrahim, atas kiprah Yudhoyono.

Dalam komentar di laman Time, Anwar menilai bahwa sejak menang pemilu 2004, Yudhoyono telah berhasil membawa Indonesia tetap bertahan di setiap tantangan, bahkan selama resesi global yang tengah terjadi saat ini.

"Pemilu presiden mendatang memberi peluang yang baik bagi Yudhoyono berkat upayanya memenuhi sebagian besar program yang dia janjikan," kata Ibrahim.
 
"Sejarah perjalanan demokrasi Indonesia mungkin tidak begitu lama, namun bangsa ini telah menunjukkan bahwa rakyatnya tidak akan memilih lagi presiden yang tidak memenuhi janji-janjinya," lanjut Ibrahim, yang sempat dipenjara dengan tuduhan sodomi setelah berbeda pendapat dengan mantan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, pada tahun 1998.

Ibrahim menilai kini merupakan saat yang tepat bagi Indonesia, sebagai negara berpenduduk Muslim terbanyak di dunia, untuk mengemban posisi yang menonjol di Asia dan di penjuru dunia Muslim.

"Dalam menanggapi pendekatan hangat Presiden Barack Obama kepada negara-negara Muslim dalam menjalin hubungan yang baru dengan AS, Yudhoyono bisa menjadi pelopor dan memegang kendali bagi arah kawasan [Asia]," kata Ibrahim.   
  
Namun, menurut Ibrahim, berbagai tantangan berat masih menghadang Indonesia. Kemiskinan tetap menjadi isu serius di Indonesia dan pemerintah harus berupaya keras untuk melakukan perbaikan infrastruktur.

"Selain itu sektor bisnis di Indonesia masih terkendala oleh rumitnya regulasi dan negara ini masih menanggung derita akibat korupsi dan penyuapan," kata Ibrahim.

Menkeu Sebut Jumlah Dana Pemda Mengendap di Bank Capai Rp 180,9 Triliun
Menteri Sosial Tri Rismaharini

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik

Pakar komunikasi politik mengatakan sosok Menteri Sosial Tri Rismaharini cukup populer di Jawa Timur tetapi elektabilitasnya tidak setinggi Khofifah Indar Parawansa.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024