India Luncurkan Satelit Mata-mata

VIVAnews - India berhasil meluncurkan satelit mata-mata yang mampu merekam pergerakan di daerah perbatasannya. Satelit pencitraan radar buatan Israel Aerospace Industries ini diluncurkan dari pusat antariksa di Sriharikota, negara bagian Andhra Pradesh.

Laman stasiun televisi BBC melaporkan bahwa satelit ini diluncurkan dengan roket Organisasi Riset Antariksa India, PSLV-C12. Satelit seberat 300 kilogram itu kini telah mengorbit pada jarak 550 kilometer dari bumi sejak Senin 20 April 2009.

Satelit ini dapat mengambil gambar di tengah seluruh kondisi cuaca dan dapat mengawasi bencana alam seperti banjir dan longsor. Pada saat yang bersamaan, roket PSLV-C12 ini juga membawa satelit pendidikan Anusat. Anusat akan dipergunakan untuk mengirim materi rahasia seperti soal ujian nasional. Anusat juga dapat merekam jejak pembangunan perkotaan dan dampak kekeringan.

Oktober tahun lalu, India telah sukses meluncurkan pesawat ulang-alik Chandrayaan 1 ke bulan. Chandrayaan bertugas memetakan permukaan bulan, mencari persediaan air dan helium di satelit bumi itu.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024