21-4-45: Pasukan Soviet Serbu Sarang Nazi

Suasana Kota Berlin, Jerman, porak-poranda diserang Pasukan Sekutu
Sumber :
  • GlobalSecurity.org
VIVAnews -
Kejar Rekapitulasi, KPU Papua dan Papua Pegunungan Terbang ke Jakarta Malam Ini
Tepat 69 tahun yang lalu, kekuatan Nazi berada di titik nadir saat pasukan Uni Soviet (kini Rusia) mulai memasuki Kota Berlin, Jerman. Penyerangan itu menandakan Perang Dunia Kedua di Eropa mendekati akhir.

Atasi El Nino, Menteri Pertanian: Pemerintah Siapkan Pompanisasi dengan Biaya Rp5,8 Triliun

Stasiun berita 
Polri Bongkar Kasus TPPO Modus Kirim Mahasiswa Magang ke Jerman, 5 Orang Jadi Tersangka
BBC  mengungkapkan bahwa "Pasukan Merah" Soviet menyerang ibukota Jerman itu dari tiga penjuru, utara, timur, dan tenggara. Sedangkan pasukan Sekutu pimpinan Amerika Serikat (AS) dan Inggris mendekati Berlin bagian barat. 


Melihat keadaan sudah terdesak, Menteri Propaganda Nazi, Josef Goebbels, memerintah bahwa Berlin harus dipertahankan habis-habisan. Maka, dia menyatakan bahwa bila ada warga Jerman yang pengecut, baik yang mengibarkan bendera putih maupun melakukan sabotase kepada Nazi, akan dianggap melanggar hukum.  


Namun, peringatan Nazi itu sia-sia. Setelah digempur dengan tembakan artileri dari pasukan Soviet, Berlin akhirnya menyerah. Pasukan Soviet pun melenggang ke basis kekuatan Nazi itu tanpa perlawanan berarti. Namun, pertempuran di Berlin itu menewaskan puluhan ribu jiwa, baik tentara maupun warga sipil. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya