Cari Puing MH370, Drone AS Sisir Laut Lebih Dalam

pencarian jejak pesawat mh370 masih berlanjut
Sumber :
  • REUTERS/Australian Defence Force
VIVAnews
KPK Minta 'Bos Pakaian Dalam Rider' Hanan Supangkat Hadiri Pemeriksaan Kasus TPPU SYL
- Proses pencarian puing pesawat Malaysia Airlines MH370 menggunakan drone bawah laut milik Angkatan Laut Amerika Serikat, Bluefin-21, kini memasuki hari kelima sejak diturunkan Senin malam, 14 April 2014.

Komisi XI DPR Cecar soal Anggaran Makan Siang Gratis, Sri Mulyani Minta Maaf

Dalam proses pencarian hari ini, Pusat Badan Koordinasi Bersama (JACC) di Perth, Australia, mengatakan akan memaksa Bluefin-21 untuk menyisir area laut di kedalaman lebih dari 4.500 meter.
Istana Tegaskan Dua Menteri PKB Bertemu Jokowi Tak Bahas Hak Angket


Padahal, seperti dilansir
Channel News Asia
, Jumat 18 April 2014, kemampuan jelajah drone berwarna kuning itu hanya mencapai kedalaman maksimal 4,5 kilometer. Namun menurut perwakilan JACC, pabrik pembuat Bluefin-21 mengizinkan risiko itu.


"Perluasan parameter operasi mengizinkan Bluefin-21 untuk menyisir dasar lautan dengan batas tertentu di area pencarian saat ini," kata perwakilan JACC. Namun mereka tidak menyebut seberapa dalam Bluefin-21 akan dipaksa menyelam melebihi batas maksimumnya.


Sementara penyisiran yang telah dilakukan empat hari sebelumnya belum berbuah hasil positif. Bluefin-21, ujar JACC, telah mencari di area seluas 110 kilometer persegi hingga saat ini. Tetapi belum terlihat apapun yang signifikan di dasar laut.


"Hasil analisis data dari misi keempat tidak memberikan informasi apapun," ujar JACC dalam sebuah pernyataan tertulis.


Kandasnya harapan juga terlihat dari hasil pemeriksaan ceceran minyak yang ditemukan di sekitar temuan empat sinyal ping pada pekan lalu.


Dari hasil analisis awal yang diperoleh dari sampel ceceran minyak, JACC menyimpulkan cairan itu bukan dari bahan bakar pesawat atau cairan hidrolik.


Kendati memasuki hari kelima ini penggunaan drone bawah laut belum membuahkan hasil, Perdana Menteri Australia Tony Abbott masih memberikan kesempatan paling lama satu pekan untuk menurunkan Bluefin-21 guna menyisir seluruh area pencarian.


"Kami yakin proses pencarian ini akan selesai dalam waktu satu pekan atau kurang," ujar Abbott yang dikutip harian
Wall Street Journal
.


Apabila hingga satu pekan ini belum ditemukan puing pesawat, maka mereka akan berhenti dan mempertimbangkan kembali langkah selanjutnya.


Baik Abbott maupun Pelaksana Menteri Transportasi Malaysia, Hishammuddin Hussein, bersumpah tidak akan menghentikan proses pencarian pesawat jenis Boeing 777-200 ER itu.


Mereka berencana mengerahkan teknologi dan alat yang lebih canggih untuk dapat menyisir di kedalaman yang begitu ekstrem. "Kami harus melihat lebih dahulu kontraktornya, dan biaya itu pasti akan besar," kata Hishammuddin di Kuala Lumpur.


Belum diketahui apakah proses pencarian akan tetap dilakukan dengan melibatkan beberapa negara atau tidak. "Dalam keadaan apapun, proses pencarian terus berlanjut. Ini hanya masalah pendekatan pencariannya saja," kata Hishammuddin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya