RI Selidiki Usia TKI Dewi Sukowati yang Bunuh Sosialita Singapura

Dewi Sukowati, TKI di Singapura yang berprofesi sebagai asisten rumah tangga divonis hukuman penjara 18 tahun.
Sumber :
  • Strait Times
VIVAnews - Otoritas Indonesia menyelidiki usia TKI Dewi Sukowati yang dituduh telah membunuh sosialita asal Singapura, Nancy Gan. Seorang anggota dewan mengatakan, pihaknya tengah menyelidiki siapa yang bertanggung jawab memalsukan usia Dewi. 
Anindya Bakrie Praises PP PBSI for Indonesian Success in All England

Dilansir dari stasiun berita Channel News Asia, Kamis 17 April 2014, pengacara Dewi, Mohamed Muzamil, mengatakan usia Dewi tidak sesuai seperti yang tertulis di paspornya. Di dalam paspor, usia Dewi tertera 23 tahun. Namun, hingga saat ini belum diketahui berapa usia Dewi sebenarnya. 
Anies Unggah Foto Bareng Cak Imin, Jubir Timnas Sebut Bahas Rekapitulasi KPU Jelang Pengumuman

Sebelumnya, dalam sidang dengar yang digelar sebelumnya, Muzamil memohon kepada hakim agar dilakukan pengecekan terhadap usia Dewi yang sebenarnya. Sesuai dengan hukum yang berlaku di Negeri Singa, minimum usia untuk bekerja sebagai asisten rumah tangga yakni 23 tahun. 
5 Mahasiswa Muslim di India Terluka Akibat Ditimpuk Batu saat Salat

Apabila Dewi terbukti berusia di bawah 18 tahun saat peristiwa pembunuhan itu terjadi, maka Dewi akan terbebas dari vonis mati. 

Orangtua Dewi telah diterbangkan ke Singapura untuk diwawancarai mengenai kejiwaan Dewi. Hal ini dilakukan untuk membuat laporan evaluasi yang dibutuhkan dalam proses penyelidikan kasus pembunuhan itu. 

Ayah Dewi dilaporkan berada di Singapura selama empat hari. Dia meninggalkan Negeri Singa pada Rabu kemarin. Muzamil mengatakan kedatangan ayah Dewi ke Singapura, semuanya atas fasilitas dan pengaturan dari KBRI di sana. 

Sidang dengar terhadap kasus Dewi akan kembali digelar pada 15 Mei 2014. 

Dewi ditangkap oleh polisi Singapura karena diduga membunuh Nancy pada 19 Maret 2014. Jasad Nancy ditemukan tewas mengambang di kolam renang di bungalo Victoria Park Road, Bukit Timah. 

Saat ditemukan di kolam, Nancy mengenakan piyama dan terluka di bagian kepala. Pergelangan tangannya juga terluka.

Koordinator Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI Singapura, Fachri Sulaiman, kepada VIVAnews yang pernah menghubunginya beberapa hari lalu, menyebut bahwa Dewi ditangkap karena saat peristiwa itu terjadi, hanya dia lah satu-satunya orang yang tengah berada di kediaman Nancy. 

"Namun, pasti polisi Singapura memiliki bukti kuat untuk menahan Dewi. Tidak mungkin langsung main tangkap begitu saja," kata Fachri. Namun, dia enggan merinci bukti-bukti apa saja yang dikantongi polisi sehingga bisa menahan Dewi. 

Nancy Gan merupakan seorang pianis ternama di Singapura. Dia juga berprofesi sebagai seniman keramik yang kerap menyumbangkan karya-karyanya untuk lembaga amal. 

Dia pernah menikah dengan politisi yang menjadi anggota legislatif Hong Kong, Hilton Cheong-Leen, namun kemudian bercerai. Dia dikaruniai dua anak. Kemudian dia memilih tinggal di Singapura bersama asisten rumah tangganya. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya