FOTO: Reaksi Suku Amazon Saat Kali Pertama Lihat Pesawat

Sumber :
  • REUTERS/Lunae Parracho

VIVAnews - Hutan hujan Amazon di Brasil seluas lebih dari 5,5 juta kilometer menyimpan sejuta misteri. Ini termasuk suku-suku pedalaman yang sama sekali belum tersentuh peradaban modern.

Salah satunya yang berhasil ditangkap kamera ahli antropologi dari atas pesawat, seperti yang diberitakan Reuters. Dalam foto, tertangkap jelas reaksi ketakutan dan merasa terancam dari suku terasing ini saat pertama kali melihat pesawat.

Kapolres-Wali Kota Jaksel Kompakan Patroli Malam Takbiran Pakai Motor

Terekam kamera di basin sekitar sungai Xinane, hutan Amazon Brasil, dekat perbatasan Peru, 25 Maret lalu, mereka kaget melihat benda besar terbang. Mereka langsung keluar dari gubuk atap rumbia milik mereka lalu mengacungkan tombak.

Foto-foto reaksi suku ini melihat pesawat bisa dilihat di

Tiga Mahasiswa ITB Wakili Indonesia di Ajang Brandstrom di Inggris

Mereka tinggal di dekat wilayah milik suku Ashaninka. Kepala suku ini meminta bantuan pemerintah dan NGO untuk mengendalikan suku-suku terasing yang menurutnya mulai mencaplok wilayah mereka.

Diperkirakan ada sekitar 77 suku terisolasi di hutan Amazon. Suku indian primitif yang berhasil tertangkap kamera itu diduga terdiri dari 200 orang. Menurut lembaga Survival International, suku-suku ini hidup dengan menanam kacang, pisang, jagung dan tanaman lainnya.

Pemerintah Brasil memiliki kebijakan untuk tidak mengusik kehidupan mereka. Namun Brasil terus berupaya menjaga wilayah hidup suku terasing ini dari penggundulan hutan, pertambangan, peternakan, perburuan dan pemancingan.

Kebanyakan mereka justru terjangkit penyakit yang tidak pernah mereka derita jika bertemu dengan orang asing. Nenek moyang mereka dijadikan budak saat booming kebun karet di Brasil tahun 1879 hingga 1912.

Ketika berhasil melarikan diri, mereka bersembunyi di hutan, hingga saat ini. "Sangat sedikit yang diketahui dari orang-orang ini. Yang kami tahu, mereka ingin tetap tidak terjamah: Mereka tembakkan panah pada orang asing dan pesawat, atau menghindari kontak dengan bersembunyi jauh di dalam hutan," tulis Survival International. (ren)

Babe Cabita

TERPOPULER: Ramalan Zodiak Hingga Anemia Aplastik yang Diderita Babe Cabita

Semua informasi tersebut menjadi kabar terpopuler yang banyak dibaca. Berikut rangkuman 5 artikel terpopuler di laman Lifestyle Viva.co.id edisi 9 April 2024.  

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024