Iran Buat Replika Kapal Induk AS

Kapal induk Nimitz.
Sumber :
  • alarabiya.
VIVAnews - Beberapa waktu lalu satelit Amerika Serikat menangkap sebuah kapal yang sangat mirip dengan kapal induk Amerika Serikat, Nimitz di Teluk Persia. Kapal tersebut menimbulkan kecurigaan. Amerika Serikat meyakini bahwa kapal itu adalah kapal tiruan Nimitz yang dibuat Iran untuk keperluan  propaganda. Demikian yang dikabarkan The New York Times mengutip keterangan dari sumber-sumber intelijen. 
Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Tapi pada Minggu 23 Maret 2014, media Iran menjelaskan, replika kapal induk Nimitz yabg terletak di perairan Iran itu, hanya dibuat untuk perlengkapan produksi sebuah film. Kapal induk itu akan menjafi dekorasi film yang kini tengah dibuat oleh sutradara Nazer Talebzadeh.
Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku

Film itu mengisahkan tragedi tertembaknya pesawat Iran Air oleh kapal USS Vincennes. Menurut Amerika, saat itu, tertembaknya Iran Air yang menampung 290 orang penumpang hanyalah sebuah kecelakaan.

Gunung Marapi Kembali Erupsi, Terjadi Hujan Abu Vulkanik dan Ganggu Penerbangan
"Tanpa bukti dan dasar yang nyata, media barat telah membuat gambaran negatif tentang Iran," tulis situs berita Alif.

Meski sempat mencurigai kapal tersebut, namun kepada Reuters, juru bicara Armada Kelima AS di Bahrain mengatakan, pihaknya sudah mengetahui "kapal induk" tersebut hanyalah sebuah replika.

"Kami sudah tahu itu bukan kapal induk sesungguhnya. Itu memang dibuat mirip dengan salah satu kapal induk AS. Tapi yang membuat kami bingung adalah apa tujuannya?" ujar juru bicara Armada Kelima AS Jason Salata. 

Ia melanjutkan, Iran sepertinya tengah membuat target untuk latihan penembakan dan menggunakannya sebagai propaganda. 

"Agak membingungkan. Jika Anda yang membuatnya, apa kira-kira tujuan Anda?" kata Salata.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya