2015, Menlu Marty Berharap Palestina Jadi Anggota Penuh PBB

Menlu RI Marty Natalegawa.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andika Wahyu

VIVAnews - Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa, berharap Palestina akan menjadi anggota penuh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 2015.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bogor, Bandung Jumat 19 April 2024

Pemberian keanggotaan penuh PBB bagi Palestina disebut Marty, akan disaksikan publik pada 24 Oktober bertepatan dengan perayaan hari jadi ke-70 organisasi yang bermarkas di kota New York, Amerika Serikat itu.

"Intinya, bagaimana negara-negara di Asia Timur dan kawasan Asia Timur dapat bekerja sama untuk kemajuan demi pembangunan kapasitas Palestina," kata Marty usai menggelar Konferensi Kerja Sama antara Negara-negara Asia Timur untuk Pembangunan Palestina (CEAPAD) ke-2 di Jakarta, Sabtu 1 Maret 2014.

Terpopuler: 3 Penyanyi Muslim Suka Lagu Rohani sampai Fakta Meli Joker

Menurut mantan Juru Bicara Departemen Luar Negeri itu, konferensi yang digelar satu hari itu berlangsung sukses dan secara konkret memaparkan langkah-langkah yang akan ditempuh negara-negara Asia Timur untuk memberikan dukungan bagi Palestina.

Dari siaran pers yang diterima VIVAnews, salah satu kesepakatan pernyataan bersama yakni merespons kebutuhan lain dari warga Palestina di beberapa bidang seperti pembangunan kapasitas sumber daya manusia, pembangunan komunitas, dan dukungan finansial.

Realisasi mekanisme untuk membangun kapasitas CEAPAD, akan dilakukan Bank Pembangunan Islam (IDB), Badan Kerja Sama Internasional Jepang (JICA), serta Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Administratif.

Selain itu, negara-negara peserta konferensi khususnya dari kawasan Asia Timur didorong menyediakan program meningkatkan promosi sektor swasta.

Negara peserta CEAPAD II juga mengapresiasi inisiasi RI melibatkan sektor swasta bagi Palestina di lima bidang yakni pariwisata, manufaktur ringan, pertanian, teknologi komunikasi dan informasi, serta infrastruktur.

Sementara itu, untuk penyelenggaraan CEAPAD ke-3 belum ditentukan dan baru akan diputuskan setelah diadakan pertemuan tingkat tinggi di antara negara-negara yang berminat.

Dalam kesempatan serupa, Menlu Afsel, Maite Nkoana-Mashabane, turut menyampaikan dukungan penuhnya bagi kemerdekaan Palestina. Bahkan, dia menyebut dalam pertemuan tahunan Uni Afrika, komitmen serupa juga ditegaskan oleh negara anggota.

"Kendati kami telah merdeka selama 20 tahun dan dirayakan pada 27 April nanti, kami tetap menganggap kemerdekaan itu masih belum lengkap tanpa adanya negara Palestina yang merdeka, karena warga Palestina masih berusaha untuk menggapai itu," kata Maite.

Proposal Palestina agar menjadi anggota penuh PBB sudah dimasukkan Presiden Mahmoud Abbas pada 23 Oktober 2011. Namun, hal tersebut gagal karena belum mendapatkan dukungan cukup di Dewan Keamanan PBB.

Tetapi, dalam pemungutan suara Majelis Umum PBB pada 2012, status Palestina meningkat menjadi "negara pengamat non-anggota". (art)

Duel Inter Milan vs Salzburg

Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

Klub Austria, RB Salzburg menjadi tim Eropa ke-12 dalam Piala Dunia Antarklub 2025 setelah Arsenal kalah dari Bayern Munich pada babak perempat final Liga Champions.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024