Taliban Culik Anjing Pelacak Milik Militer Inggris

Anjing pelacak militer Inggris diculik Taliban di Afganistan
Sumber :
  • Al-Emara
VIVAnews -
Masyarakat Diminta Waspada DBD dan HFMD, Kemenkes: Penyakit Tak Libur saat Libur Lebaran
Kelompok militan Taliban di Afganistan mengklaim telah berhasil menculik anjing pelacak milik pasukan Inggris. Anjing-anjing ini biasanya digunakan untuk mencari bom yang kerap ditanam Taliban di keramaian.

Pantau Pelabuhan Bakauheni, Menhub Sebut Arus Balik Hari Ini Masih Relatif Landai

Diberitakan
Film Badarawuhi di Desa Penari Tembus 1 Juta Penonton, Joko Anwar Kasih Selamat
ABC News , Kamis 6 Februari 2014, Taliban memperlihatkan anjing coklat bernama Kolonel itu dalam sebuah rekaman video. Dalam video tersebut, Taliban mengklaim bahwa anjing itu diculiknya pada sebuah pertempuran malam hari melawan tentara Amerika Serikat, 23 Desember lalu.


Anjing tersebut terlihat mengenakan rompi yang berisikan senter, kamera dan alat GPS. Perangkat ini biasa digunakan anjing militer pada unit operasi khusus.


Militer AS membantah bahwa anjing itu milik mereka.
Sky News
memberitakan, anjing itu ternyata milik militer Inggris yang ditugaskan di Afganistan. Pengasuhnya, Kapten Richard Holloway, 29, terbunuh dalam misi di Kabul itu.


Juru bicara NATO membenarkan bahwa ada seekor anjing mereka yang hilang pada sebuah misi Desember silam.


Ini adalah anjing militer pertama yang diculik oleh Taliban. Tentara gabungan NATO sendiri menugaskan 578 tim anjing pelacak di Irak dan Afganistan. Sejak Maret 2011, empat anjing di antaranya mati.


Militer AS dan negara lainnya kerap menggunakan anjing pelacak untuk maju ke garis depan pertempuran di Afganistan. Beberapa digunakan untuk mendeteksi bom atau bertugas bersama pasukan khusus.


Salah satu operasi penting yang melibatkan anjing pelacak adalah penyerbuan ke vila Osama bin Laden di Abbotabad, Pakistan, 2011 lalu. Saat itu anjing jenis Belgian Malinois turut membantu pasukan Navy SEAL yang berujung pada terbunuhnya Osama.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya