Vladimir Putin Tokoh Paling Berpengaruh Dunia 2013

Presiden Rusia Vladimir Putin pada KTT APEC di Bali
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta


VIVAnews - Presiden Rusia Vladimir Putin didaulat menjadi orang paling berpengaruh di dunia tahun 2013. Dilansir Laman Forbes, Kamis 19 Desember 2013, Putin naik satu peringkat menggeser posisi Presiden Amerika Serikat Barack Obama yang sebelumnya menjadi orang paling berpengaruh tahun 2012.

Putin mampu menggeser Obama karena dinilai mampu memperkuat kekuasaannya di Rusia. Sebaliknya Obama tergeser karena pemerintahannya dihantam sejumlah isu, diantaranya melakukan shutdown atau penghentian layanan pemerintah, penyerangan ke Suriah dan bocornya informasi rahasia badan intelijen AS (NSA) oleh Edward Snowden.

Penobatan orang paling berpengaruh dunia tahun 2013 ini diambil dari potret tahunan para kepala negara, pemilik modal (CEO), dermawan, pimpinan organisasi masyarakat, miliarder dan pengusaha global. Setelah melalui seleksi, Forbes menghimpun daftar 72 tokoh dunia berdasarkan ruang lingkup pengaruh dan sumber daya keuangan mereka. Satu nama setiap tokoh dalam daftar tersebut mewakili 100 juta penduduk dunia.

Tahun ini sebanyak 17 kepala negara masuk dalam jajaran orang paling berpengaruh dunia tahun 2013 dengan GDP (Gross Domestic Product) gabungan mencapai US$ 48 triliun. Empat diantara 17 kepala negara ini adalah Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden AS Barack Obama, Presiden Cina Xi Jinping, Kanselir Jerman Angela Merkel.

Kemudian ada 27 CEO yang memiliki pendapatan tahunan lebih dari US$3 triliun pendapatan tahunan dan 12 adalah pengusaha, termasuk miliarder baru Aliko Dangote Nigeria, pendiri Dangote Group dan Oracle Larry Ellison. Tahun ini Forbes memasukan 28 miliarder sebagai orang berpengaruh dunia dengan pendapatan tahunan lebih dari US$564 miliar.

Beberapa diantara nama-nama tokoh berpengaruh dunia adalah pendatang baru. Diantaranya Pope Francis (Pemimpin Nasrani), Lee Kun Hee (CEO Samsung), Martin Winterkom (CEO Volkswagen), Park Geun Hye (Presiden Korea Selatan), Virginia Rometty (CEO IBM), Janet Yellen (U.S Federal Reserve), Igor Sechin (CEO Rosneft) dan Jill Abramson (Editor Eksekutif New York Times).

Ada Apa dengan Lolly? Ungkapan Capek dan Keinginan Hidup Tenang Jadi Sorotan
Pengemudi Fortuner arogan pakai pelat palsu TNI.

Pengemudi Fortuner Arogan yang Ngaku Adik Jenderal Buang Pelat TNI Palsu di Bandung

Polisi masih mencari barang bukti berupa pelat dinas TNI palsu yang digunakan seorang pria berinisial PGWA pada mobil Fortunernya.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024