PM Thailand Selamat dari Mosi Tidak Percaya

PM Yingluck Shinawatra menemui korban banjir di Ayutthaya
Sumber :
  • REUTERS/Sukree Sukplang
VIVAnews -
Mobil Harvey Moeis Disita Lagi, 2 Ferrari dan 1 Mercy
Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra selamat dari mosi tidak percaya di parlemen hari ini, Kamis 28 November 2013. Voting parlemen ini dilakukan di tengah demonstrasi puluhan ribu orang yang menginginkan Yingluck lengser.

Ibunda Salshabilla Adriani Bantah Soal Rumor Perselingkuhan Anaknya dengan Rizky Nazar

Diberitakan
Bukan Jakarta, Ini Kota Pertama yang Mulai Jadikan Suzuki Carry Sebagai Mobil Angkot
CNN , Yingluck mendapatkan dukungan 297 anggota parlemen, hanya 134 yang menginginkannya turun. Kemenangan Yingluck di parlemen ini bisa dipastikan karena partainya menduduki kursi mayoritas.


Yingluck perlu lebih dari setengah atau 246 dukungan, dari 492 anggota parlemen majelis rendah, untuk lolos dari mosi. Partainya, Puea Thai dan mitra koalisi mendominasi majelis rendah dengan 299 kursi.


Mayoritas dukungan pada Yingluck ini juga membantunya lolos dari debat kubu oposisi yang mempertanyakan skema manajemen air dan beras yang memakan uang negara hingga 3,5 miliar baht, setara Rp41,6 triliun.


Sementara itu, puluhan ribu orang masih menduduki beberapa wilayah di Bangkok. Sebelumnya Senin lalu, mereka menduduki gedung Kementerian Keuangan dan menginap di sana. Beberapa ruas jalan Bangkok ditutup karena massa berkemah di sana.


Pemimpin demonstran, Suthep Thaugsuban, menolak untuk berunding dengan pemerintah ataupun pihak lainnya. "Tidak ada lagi negosiasi," kata Suthep kemarin di hadapan ribuan orang. Target mereka saat ini menduduki gedung pemerintahan lainnya, seperti gedung Kementerian kesehatan, tenaga kerja, industri, dan ilmu pengetahuan.


Tuntutan mereka adalah turunnya Yingluck yang dituduh sebagai boneka kakaknya, Thaksin Shinawatra. Aksi massa dipicu rencana Yingluck memberikan amnesti politik, yang dikhawatirkan bisa menyelamatkan Thaksin dari hukuman penjara dan memulangkannya ke Thailand. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya