26-11-1941: Penetapan Hari Thanksgiving

Obama mengampuni kalkun di hari Thanksgiving
Sumber :
  • REUTERS/Yuri Gripas

VIVAnews Pada 72 tahun yang lalu, Presiden AS saat itu, Franklin D.Roosevelt, menandatangani undang-undang (UU) yang secara resmi menetapkan hari Kamis keempat pada bulan November sebagai hari Thanksgiving.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Laman berita Politico mengungkapkan bahwa tradisi merayakan liburan setelah masa panen pada Kamis ini berawal pada abad 17 di wilayah koloni Plymouth dan Massachusetts.

Tahun 1777, Kongres Kontinental menyatakan hari thanksgiving secara resmi untuk pertama kalinya, mengikuti kemenangan patriot di Saratoga. Pada 1789, Presiden George Washington menjadi presiden pertama yang memproklamirkan libur Thanksgiving.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Saat itu, atas permintaan kongres, dia menetapkan 26 November, hari Selasa sebagai hari libur nasional Thanksgiving, untuk diratifikasi dalam konstitusi AS.

Tapi, ternyata, itu tak terjadi juga hingga 1863, ketika Presiden Abraham Lincoln mendeklarasikan Thanksgiving untuk jatuh pada hari Kamis terakhir pada bulan November.

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

Dengan beberapa kekecualian, setiap tahun presiden-presiden berikutnya mengikuti ketetapan yang dibuat Lincoln. Pada 1939, Presiden Roosevelt keluar dari tradisi dengan mendeklarasikan 23 November, sebelum hari Kamis terakhir pada bulan November tahun itu, sebagai hari Thanksgiving.

Pemilihan hari untuk menarik musim belanja hingga Natal, yang dalam proses pembuatannya menciptakan kontroversi.

Pada 26 November 1941, Presiden Roosevelt meralat dan mengakui kekeliruannya. President Roosevelt menandatangani undang-undang yang secara resmi menetapkan hari Kamis keempat pada bulan November sebagai hari Thanksgiving. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya