VIDEO: 100 Ribu Jiwa Jadi Korban Topan Yolanda di Filipina

Topan super Haiyan menerjang Filipina.
Sumber :
  • REUTERS/Erik De Castro
VIVAnews
DPRD Jambi Gelar Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Gubernur Jambi 2023
- Topan Haiyan atau Yolanda, menyebabkan ratusan ribu orang di Tacloban, Filipina Timur, terpaksa mengungsi. Karena rumah, sekolah, hingga bandara hancur akibat hantaman angin tersebut.

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia

Petugas penyelamat harus berjuang untuk menyalurkan bantuan ke beberapa kawasan yang dilanda Topan Haiyan. Angin topan jenis ini termasuk dalam kategori 5 atau yang paling kuat.
Otto Hasibuan Sebut Gugatan Sengketa Pilpres Anies dan Ganjar Sebuah Kemunduran


Di banyak tempat pasokan air bersih terhenti, listrik padam dan pasokan pangan hanya terdapat dalam jumlah kecil.


Pihak otoritas setempat menyatakan bahwa para korban jiwa telah dimakamkan secara masal. Sementara hingga saat ini dilaporkan korban jiwa mencapai lebih dari 10 ribu di Kota Tacloban. Sedangkan ratusan korban lainnya jatuh di daerah lainnya.




Pemerintah telah mengerahkan ribuan tentara untuk mengevakuasi korban selamat. Namun, upaya para tentara terhambat karena terhalang oleh jalan yang rusak karena puing-puing reruntuhan gedung yang hancur.


Lambannya bantuan juga membuat aksi penjarahan marak terjadi di sejumlah pertokoan. Oleh para penjarah, diketahui barang-barang yang dijarah akan ditukar dengan makanan.


Topan Haiyan kini mengarah ke Vietnam. Sebanyak 600 ribu jiwa di kawasan utara negara itu kini telah diungsikan. Hal itu dilakukan untuk mencegah adanya korban jiwa, meskipun kekuatan Topan Haiyan di Vietnam diperkirakan tak sebesar di Filipina. (umi)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya