Taiwan Terima Kiriman Pertama Helikopter Apache AS

Taiwan menerima kiriman helikopter Apache dari AS
Sumber :
  • REUTERS/Stringer
VIVAnews -
Nurul Ghufron Bakal Disidang Etik Dewas KPK pada 2 Mei Terkait Mutasi Pegawai Kementan
Taiwan telah menerima gelombang pertama pengiriman helikopter serbu tipe Apache dari Amerika Serikat. Pada gelombang pertama ini, enam Apache dikirimkan dari total pemesanan 30 unit helikopter.

Mendag Imbau Masyarakat Tak Perlu Khawatir soal Pelemahan Rupiah

Diberitakan
PSSI Buka Suara soal Nilai Kontrak Shin Tae-yong di Timnas Indonesia hingga 2027
Channel News Asia yang mengutip seorang pejabat Kementerian Pertahanan Taiwan kemarin, kiriman pertama ini datang pada Senin melalui pelabuhan Kaohsiung. Awalnya, Apache akan dikirimkan Oktober lalu, namun tertunda karena shutdown pemerintah AS.


Apache yang datang adalah tipe Longbow AH-64 ES, versi paling canggih dari helikopter serbu ini. Militer Taiwan adalah yang pertama menerima Apache jenis ini di luar angkatan bersenjata AS.


Pengiriman gelombang kedua rencananya akan dilakukan pada Desember mendatang. Sedangkan pengiriman selanjutkan dilakukan hingga akhir 2014.


Untuk 30 helikopter Apache ini, Taiwan merogoh kocek US$6,5 miliar atau lebih dari Rp74,2 triliun pada kesepakatan tahun 2008.


Presiden Taiwan Ma Ying-jeou merasa bahwa pembaruan persenjataan perlu dilakukan mengingat masih adanya ancaman dari China yang masih menganggap Taiwan adalah bagian dari mereka.


"Walaupun hubungan dengan daratan China telah meningkat dalam lima tahun terakhir, namun mereka tidak mengubah kebijakan militer yang mengincar Taiwan. Persiapan militer kita jangan sampai lengah," kata Ma pekan lalu dalam upacara memperkenalkan kapal selam pemburu jet tempur P-3C. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya