Uni Eropa Antusias Perdalam Kemitraan dengan ASEAN

Dubes Uni Eropa Olof Skoog bersama Sekjen ASEAN Le Luong Minh
Sumber :
  • The ASEAN Secretariat
VIVAnews
Berduka Atas Meninggalnya Ayah Nassar, Inul Daratista Beri Doa Terbaik
- Uni Eropa antusias pererat kerjasama dengan Perhimpunan Negara Asia Tenggara (ASEAN). Dua kawasan itu tidak lagi sekadar menjalin kemitraan politik, namun tengah membuka kerjasama sedikitnya di tiga sektor baru.

Live World Boxing Welter Super WBO dan WBC, Tszyu vs Sebastian Fundora Tayang Akhir Pekan di tvOne

“Uni Eropa adalah Mitra Dialog ASEAN yang pertama. Kami merupakan mitra penting secara komersial, dan kerjasama kami sangat luas dan semakin berkembang," kata Olof Skoog, Duta Besar baru Uni Eropa untuk ASEAN. Dia hari ini menyerahkan surat kepercayaan sebagai Duta Besar Uni Eropa untuk ASEAN kepada Sekretaris Jenderal ASEAN, Le Luong Minh, di Jakarta.
Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024


"Selain itu, momentum positif mulai meningkat dalam hubungan Uni Eropa dan ASEAN selama beberapa tahun terakhir ini, dan agenda politik dan sosial-budaya kami menjadi semakin ambisius, mendalam dan kuat,” lanjut Skoog dalam pernyataan yang dikirim Kantor Perwakilan Uni Eropa hari ini ke
VIVAnews
.   

 

Uni Eropa dan ASEAN telah berupaya keras untuk melakukan transformasi hubungan mereka dalam aspek politik. Kini kedua pihak membuka jalur baru untuk kerjasama di bidang-bidang seperti tanggap krisis, mediasi dan rekonsiliasi, serta kerjasama maritim.


Dalam pertemuan di Brunei Darussalam pada 2012, para Menteri Uni Eropa dan ASEAN telah bersepakat untuk membawa kemitraan ke tingkat yang lebih tinggi dengan mengadopsi Rencana Aksi (
Plan of Action
). Rencana itu terdiri lebih dari 90 tindakan di tiga bidang, yaitu: politik dan keamanan; perdagangan dan ekonomi; serta sosial-budaya, sesuai dengan tiga pilar atau Komunitas ASEAN.


Uni Eropa, lanjut Skoog, tetap berkomitmen untuk memberikan dukungan pada proses pembangunan Komunitas ASEAN pra dan pasca 2015, dan untuk berbagi pengalamannya dengan ASEAN mengenai proses integrasi Uni Eropa sendiri.


ASEAN sebagai kesatuan merupakan mitra dagang Uni Eropa terbesar ketiga di luar Eropa (setelah Amerika Serikat dan China) dengan nilai perdagangan barang dan jasa yang mencapai sebesar €206 miliar pada tahun 2011. Uni Eropa merupakan mitra dagang ASEAN terbesar kedua (setelah Cina), yaitu dengan mencapai sekitar 11% dari total perdagangan ASEAN.


Uni Eropa juga merupakan mitra pembangunan penting bagi ASEAN serta donor terbesar untuk Sekretariat ASEAN. Uni Eropa mendukung upaya integrasi ASEAN secara langsung dengan bantuan yang bernilai sekitar €65,9 juta untuk periode 2007-2013. Kemungkinan jumlah tersebut akan meningkat pada periode berikutnya (2014-2020). (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya