Jungkalkan Obama, Putin Jadi Orang Paling Berpengaruh Dunia

Presiden Rusia Vladimir Putin.
Sumber :
  • REUTERS/Michael Klimentyev/RIA Novosti/Kremlin
VIVAnews
Banjir Ekstrem, Seberapa Parah Curah Hujan di Dubai?
– Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, terlempar dari peringkat pertama orang paling berpengaruh di dunia versi
Majalah Forbes
RKP 2025 Sudah Disusun dengan Prioritaskan Program Prabowo-GIbran, Ini Rinciannya 
. Posisi teratas direbut oleh Presiden Rusia Vladimir Putin, sementara Obama kini berada di posisi kedua.
Rupiah Sentuh Rp 16.200 per Dolar AS, Begini Prediksi Terbaru Astronacci

Telegraph , Rabu 30 Oktober 2013, melansir pernyataan Majalah Forbes yang menilai Putin, pemimpin Rusia berusia 61 tahun, berhasil memperkuat kekuasaannya sebagai orang nomor satu di Negeri Beruang Merah.


Tergesernya Obama dari peringkat teratas mencerminkan adanya pergeseran dinamika kekuatan masing-masing individu kepala negara dan pemerintahan. Pesona Obama mulai pudar di dunia internasional sejak isu invasi Suriah mandek dan terhentinya layanan pemerintah di AS (
shutdown
) mencuat ke publik dunia.


“Putin terlihat semakin mengukuhkan kekuasaannya terhadap Rusia, sementara Obama terlihat semakin lambat untuk sosok presiden yang telah menjabat selama dua periode. Contoh kasus yang membuatnya seperti itu yakni kekacauan
shutdown
, batalnya serangan militer ke Suriah, dan bocornya rahasia intelijen milik NSA,” tulis
Forbes
di situs resminya.


Padahal beberapa tahun terakhir ini, Obama selalu berada di puncak daftar orang berpengaruh versi Forbes. Posisinya hanya berhasil direbut sekali oleh mantan Presiden China Hu Jintao pada tahun 2010.


Sementara posisi ketiga daftar tersebut untuk tahun 2013 ini ditempati oleh Presiden China Xi Jinping, menyusul Paus Fransiskus di posisi keempat, dan Kanselir Jerman Angela Merkel di posisi kelima.


Merkel adalah pemimpin wanita yang berada di urutan teratas daftar itu. Merkel berhasil mengungguli sesama kepala negara wanita lainnya seperti Presiden Brasil Dilma Rousseff yang duduk di posisi ke-20 dan politikus India Sonia Gandhi di urutan ke-21.


Dua wanita berpengaruh lainnya yang masuk ke dalam daftar Forbes yaitu Direktur Badan Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde yang berada di posisi ke-35, dan Direktur Jenderal Badan Kesehatan Dunia (WHO) Margaret Chan.


Sementara dalam jajaran posisi 6 hingga 10 ditempati oleh taipan Microsoft dan filantropis Bill Gates, Kepala Bank Sentral AS Ben Bernanke, pemimpin Arab Saudi Raja Abdullah, Presiden Bank Sentral Mario Draghi, dan CEO Wal-Mart Michael Duke.


Perdana Menteri Inggris David Cameron terlempar dari jajaran 10 besar dan duduk di posisi ke-11. Daftar figur paling berpengaruh tahun ini menampilkan 17 tokoh yang memimpin negara dengan nilai GDP mencapai US$48 triliun.


Dalam daftar ini juga ditampilkan 27 CEO yang mengelola perusahaan dengan pendapatan per tahun mencapai lebih dari US$3 triliun. Sebanyak 12 orang di antaranya merupakan wirausaha, termasuk biliuner asal Nigeria sekaligus pendiri Dangote Group Aliko Dangote yang berada di posisi ke-64, juga pemilik Oracle Larry Ellison di peringkat ke-58.


Daftar orang berpengaruh Forbes tahun ini menampilkan beberapa wajah baru seperti Paus Fransiskus di urutan ke-4, Presiden PT Samsung Lee Kun-Hee di posisi ke-41, dan Presiden Korea Selatan Park Geun-hye di urutan ke-52.


Nominasi figur yang diseleksi Forbes pada tahun 2013 jauh lebih banyak ketimbang tahun-tahun sebelumnya yang hanya menyaring 67 nama. Pemeringkatan dibuat berdasarkan 4 pertimbangan, yakni berapa orang yang dia pimpin, nilai kekayaan finansial yang dikuasai, bidang-bidang yang mereka kuasai, dan seberapa aktif para pemimpin tersebut menggunakan kekuasaan mereka untuk mengubah dunia. (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya