Gunung Tertinggi di Benua Eropa Meletus

Gunung Etna meletus
Sumber :
  • theguardian
VIVAnews - Gunung tertinggi dan paling aktif di Benua Eropa, Etna, kembali meletus pada Sabtu dini hari, 26 Oktober 2013, waktu setempat. Gunung yang memiliki tinggi 3.329 meter itu terlihat memuntahkan lava ke udara dan menyemburkan asap tebal ke arah selatan Pulau Sicilia di Italia. 
Di Depan Para Pengusaha Ritel, Airlangga Sebut Aturan Impor Bakal Direvisi

Kantor berita Reuters, melaporkan sebelum Gunung Etna meletus, beberapa gempa di permukaan laut terjadi sejak Jumat kemarin. Laman Huffingtonpost melansir tidak ada proses evakuasi yang dilakukan pasca Gunung Etna meletus Sabtu kemarin. 
Pengemudi Fortuner Arogan Bikin Geram Kolonel Pom Jeffri: Gayanya Melebihi Tentara

Sementara jalur penerbangan yang menuju dan akan keluar dari Bandara Catania, dilaporkan terganggu akibat meletusnya Gunung Etna. Beberapa rute penerbangan terpaksa ditunda. 
Terjebak Banjir di Dubai, Atta Halilintar Tetap Kirim Doa untuk Sulawesi Utara

Gunung Etna terletak di tepi pantai Pulau Sicilia, Italia. Nama Etna yang bermakna tungku pembakaran adalah salah satu Gunung Strato dan memegang rekor sebagai gunung yang kerap meletus. 

Menurut informasi yang dilansir laman Live Science, di tahun 1669 silam, letusan Etna merenggut banyak korban jiwa. Tak kurang dari 1500 warga tewas ketika kota Nicoli hancur akibat gempa bumi yang berasal di bawah permukaan Gunung Etna. 

Letusan dahsyat lainnya terekam di sejarah pada tahun 1992 silam. Kota Zafferana terancam oleh lava panas namun berhasil diselamatkan dengan upaya pengendalian aliran lava tersebut ke bawah. 

Dengan bantuan tentara Angkatan Laut Amerika Serikat, petugas menerbangkan sebuah kargo berisi helikopter. Helikopter itu berfungsi untuk menjatuhkan batu-batuan besar di bagian akhir aliran lava. 

Dengan upaya itu, pemerintah kota dapat memperlambat aliran lava panas hingga dua minggu lamanya. Waktu itu cukup bagi mereka untuk menggali sebuah lubang saluran demi menampung lava yang mengalir. 

Keagungan Gunung Etna, lantas membuat PBB turut memasukkan gunung ini ke dalam daftar warisan dunia. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya