Jepang Selamat dari Stagnasi, SBY Selamati PM Abe

Presiden SBY dengan PM Jepang Shinzo Abe di KTT APEC
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo
VIVAnews
Ten Hag Bawa 3 Pemain Man Utd U-18 ke Tim Senior
- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengucapkan selamat kepada Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, atas keberhasilannya membawa perbaikan bagi perekonomian Negeri Sakura itu. SBY pun menyambut antusias tawaran Jepang untuk mengembangkan kerjasama pengolahan energi.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp100 Juta Jadi Tersangka

Demikian SBY saat memberikan keterangan pers kepada media di Hotel Sofitel, Senin 7 Oktober 2013 sebelum memulai pertemuan bilateral di sela-sela puncak KTT APEC.
Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension


"Saya mengucapkan selamat atas bangkitnya perekonomian Jepang," ujar SBY.

Jepang berhasil keluar dari stagnasi ekonomi dan mengembalikan arah pertumbuhan ekonominya. Salah satu upaya pemerintah Jepang yaitu dengan menaikkan pajak konsumsi dari 5,0 persen. Langkah tersebut termasuk salah satu dari tiga jurus Abe yang populer disebut media sebagai Abenomic.


SBY turut menyinggung soal hubungan kedua negara yang cukup baik. Di bidang diplomatik, kedua negara diketahui telah membina hubungan tersebut selama 55 tahun.


"Hubungan kedua negara sudah teruji oleh sejarah, sehingga mari kita jaga dan ditingkatkan di waktu mendatang," kata dia.


Beberapa bidang yang diharapkan dapat ditingkatkan, ungkap SBY, ada di sektor perdagangan, investasi, energi dan industri. Khusus di bidang energi, SBY menyinggung soal proyek pembangkit listrik tenaga panas bumi (geothermal) dengan bahan bakar batu bara di daerah Batang, Jawa Tengah.


SBY mengatakan proyek itu kini tengah dikerjakan oleh jajaran Menteri terkait dan akan terus dilanjutkan. Untuk menggarap proyek tersebut, Pemerintah Jepang mengaku siap menggelontorkan dana hingga US$4 juta atau Rp46 miliar.


Apabila proyek ini terealisasi, maka pembangkit listrik tersebut akan berkontribusi bagi 40 persen listrik Indonesia.


Dalam pemaparannya di hadapan lebih dari 1200 CEO perusahaan dunia pada Senin pagi tadi, Abe mengatakan kapasitas pembangkit tersebut mencapai satu juta KW. Direncanakan akan ada dua pembangkit listrik yang dibangun melalui proyek itu.


"Kontrak ini termasuk jangka panjang dan dijual selama 25 tahun ke depan," kata Abe.


PT Adaro Energy Tbk, telah dipercaya sebagai perusahaan pemasok batu bara bagi proyek itu karena dianggap sebagai salah satu suplier terbesar.


Sementara dalam kesempatan itu, Abe mengaku terkesan dengan kerja keras Pemerintah Indonesia dalam menyiapkan KTT APEC 2013. Menurut dia, APEC merupakan salah satu kunci untuk memperkokoh perekonomian di kawasan Asia Pasifik.


"Presiden SBY sudah bekerja sangat keras untuk menyukseskan pertemuan-pertemuan APEC pada tahun ini," kata Abe.


Pemerintahnya pun, ujar Abe, juga akan bekerja keras, karena Negeri Sakura terpilih sebagai tuan rumah Olimpiade pada tahun 2020 mendatang.


"Jepang akan bekerja keras untuk menyukseskan Olimpiade di tahun 2020 sebagai Olimpiade di Asia," ujar Abe. (eh)



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya