Jaga Rapat Pebisnis APEC, 500 Petugas Keamanan Disiapkan

Pasukan pengamanan KTT APEC di Bali jalani ritual sebelum tugas
Sumber :
  • REUTERS/Anak Agung Gde Agung
VIVAnews
Deretan Negara Ini Tercatat Dilanda Kelaparan Terburuk Sepanjang Sejarah
- Pekan KTT APEC di Bali dimulai hari ini. Sebagai pendahuluan, digelar pertemuan kalangan pengusaha Asia Pasifik yang tergabung dalam Dewan Penasihat Bisnis APEC (ABAC) di Nusa Dua.

FKUB Sulsel Larang Pendeta Gilbert Datang ke Makassar, Ini Alasannya

Untuk pengamanan pertemuan pertama ABAC, yang berlangsung di resor mewah Ayana, panitia menyiapkan antara 50 hingga 500 personel keamanan. Sebanyak 50 personel dari pihak swasta dikerahkan oleh panitia penyelenggara untuk memastikan keamanan di lokasi.
Atasi Gangguan Mental Sebelum Berujung Depresi, Ini Solusi Menjaga Kesehatan Jiwa


Demikian ungkapan Kepala Pengamanan Pertemuan ABAC 2013, Imam Nurdin, yang ditemui
VIVAnews
. Para personel keamanan berjaga selama 24 jan untuk mengawasi Resor Ayana.


"Mereka akan berjaga dengan sistem shift, pagi dan malam. Pengamanan akan semakin ketat, karena nanti malam akan diadakan makan malam di Sunset View di bagian bawah resor," ujar Imam.


Dia menyebut, dalam acara makan malam, delegasi dari 21 negara diperkirakan sudah tiba di Ayana. Diprediksi akan ada sekitar 250 orang delegasi yang akan ikut hadir dalam pertemuan ke-4 ABAC.


Untuk mengakomodasi mobilitas para staf dan delegasi, pihak panitia menyediakan sekitar 500 mobil untuk mengantar mereka. Mobil ini diberikan tanda pengenal khusus yang telah dilengkapi teknologi RFID.


"Jadi, kalau sistem RFID, tidak ada kartu khusus, tidak boleh masuk" ujar Imam.


Oleh sebab itu, dia meminta agar ID jangan sampai hilang. ID juga akan diberikan kepada para sopir yang mengantar para delegasi dan staf. "Mobil delegasi dibolehkan masuk karena dilengkapi dengan stiker khusus. Jumlah mobil yang boleh masuk, sengaja dibatasi karena tempat parkir yang tersedia di area penyelenggaraan juga terbatas," kata dia.


Jumlah pengamanan, menurut Imam, bisa membengkak menjadi 500 personel, karena para delegasi ABAC langsung mengikuti rangkaian kegiatan seperti APEC CEO Summit dan AELM. Imam menegaskan bahwa 500 personel ini, hanya bertugas selama di venue.


Terkait dengan pengamanan para delegasi atau pemimpin negara, maka diserahkan kepada Paspampres dari pihak mereka.


"Mereka akan disebar ke beberapa tempat seperti Ayana, Westin, dan Patra," kata dia.


Dia mengatakan, sejauh ini belum ada ancaman keamanan apa pun yang dapat mengganggu jalannya agenda ABAC. Pertemuan ABAC secara resmi akan dimulai malam ini.


Dibuka dengan acara makan malam hingga 4 Oktober mendatang. ABAC merupakan gabungan pengusaha yang mewakili pihak swasta untuk memberikan rekomendasi kepada para pemimpin APEC.


Anggota ABAC juga dapat memberikan masukan kepada pejabat APEC, khususnya di bidang bisnis. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya