DUNIA

VIDEO: Pulau Baru Muncul Usai Gempa Besar di Pakistan

Tercium gas di pulau itu. Api yang disulut di permukaannya sulit padam

ddd
Jum'at, 27 September 2013, 07:05 Anggi Kusumadewi
Pulau baru di tengah Laut Arab.
Pulau baru di tengah Laut Arab. (REUTERS/Stringer)
VIVAnews – Gempa berkekuatan 7,7 Skala Ritcher di Pakistan menyebabkan dasar lepas pantai Pakistan terangkat sehingga muncul daratan baru di tengah Laut Arab, yaitu di pesisir Gwadar, Balukistan.

Dari tepi pantai, daratan tersebut terlihat bagai berbentuk bulan sabit. Warga pun amat penasaran melihat pulau baru itu. Mereka berduyun-duyun pergi ke tepi pantai untuk melihat dari jarak dekat. Beberapa bahkan mendayung perahu ke pulau itu dan kini sudah menginjakkan kaki di sana.

Lihat di tautan video ini.

Warga yang sampai di pulau baru tersebut melihat ikan-ikan mati di atas daratan. Mereka juga mendengar desisan gas dan mencium bau gas di permukaan daratan. Ketika warga mencoba menyalakan korek api di atasnya, api langsung muncul. Api itu bahkan tak mudah dipadamkan. Butuh seember air hanya untuk memadamkan sebatang korek api.

CNN melansir, seorang pejabat pemerintah Palistan mengatakan pulau baru itu memiliki ketinggian 30 meter dan lebar 60 meter. Pulau serupa pernah muncul di tempat yang sama 60 tahun lalu, namun menghilang.

Direktur Jenderal Departemen Meteorologi Pakistan Arif Mahmood mengatakan, pulau itu kemungkinan muncul akibat getaran yang menyebabkan tanah di bawah laut naik. Namun dugaan itu perlu penelitian lebih lanjut.

Gempa di Pakistan yang memunculkan pulau baru itu menewaskan lebih dari 200 orang. (sj)


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
..semua itu karena kehendakNya..
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com