Keterlibatan Janda Pengebom London di Kenya Masih Diragukan

Samantha Lewthwaite dan suaminya Germaine Lindsay
Sumber :

VIVAnews - "Janda putih" yang disebut otak di balik aksi terorisme di mal Westgate, Nairobi, Kenya, diduga ikut tewas dalam aksi baku tembak dengan polisi hari Senin kemarin. Namun laporan ini masih diragukan keabsahannya, selama belum diperoleh bukti yang benar-benar kuat.

"Janda putih" atau Samantha Lewthwaite yang terlibat dalam pengeboman di London 2005 lalu sebelumnya diduga jadi otak penyerangan mal di Nairobi. Menurut Daily Mail, Senin 23 September 2013, informasi ini didapatkan dari tiga sumber, terdiri dari seorang agen intelijen dan dua tentara.

Menurut mereka, salah satu dari tiga anggota kelompok al-Shabaab yang tewas adalah seorang wanita. Lewthaite memang telah lama menjadi anggota Al-Shabaab dan terlibat dalam pengeboman di Mombasa tahun lalu.

Namun, hal ini masih diragukan. Polisi Kenya mengatakan ada kemungkinan jenazah perempuan yang dikira sebagai Lewthwaite itu adalah salah satu sandera juga. Namun dia mengenakan baju salah satu anggota teroris.

Menteri Dalam Negeri Kenya, Joseph Ole Lenku, menguatkan keraguan ini. Kendati terdapat beberapa kesaksian yang menyebut melihat seorang perempuan di antara pelaku teror, namun dia menyebut semua anggota kelompok Al Shabaab yang menyerang mal Westgate semuanya laki-laki. Namun beberapa di antara mereka berpakaian seperti perempuan.

Selain Lewthwaite, diduga masih ada warga Inggris lainnya yang tergabung dalam kelompok Al Shabaab tersebut. Dalam aksi di mal Westgate, informasi yang dipampangkan di Twitter menyebut dua warga Inggris turut terlibat dalam aksi itu.

Kepala staf militer Kenya, Jenderal Julius Karangi, mengatakan anggota kelompok teroris itu berasal dari berbagai negara, tidak hanya dari Inggris.

Suami Lewthwaite, Germaine Lindsay, adalah satu dari empat teroris dalam negeri Inggris yang meledakkan diri di stasiun bawah tanah London pada 7 Juli 2005. Sebanyak 56 orang tewas dan 700 luka-luka akibat aksi teror ini. (kd)

LIVE: Momen Bersejarah Raja Aibon Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak TNI ke Letkol Danu
Catherine Wilson

Terpopuler: Catherine Wilson Malu sampai Atta Halilintar Kirim Doa

Round-up dari kanal Showbiz pada Jumat, 19 April 2024. Salah satunya tentang Catherine Wilson yang merasa malu karena mobil pemberian Idham Masse ditarik leasing.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024