DUNIA

VIDEO: Film Digugat Keluarga Soekarno, Apa Jawaban Hanung?

Fillm 'Soekarno: Indonesia Merdeka' menuai kontroversi.
Kamis, 19 September 2013
Oleh : Rizky Sekar Afrisia
Film yang disutradarai Hanung Bramantyo beberapa kali menuai kontroversi.
VIVAlife - Sutradara Hanung Bramantyo kerap menghadapi masalah menyangkut film karyanya. Kali ini, film terbarunya yang tengah diproduksi, berjudul Soekarno: Indonesia Merdeka, digugat. Tak main-main, putri Soekarno sendiri yang telah melayangkan somasi pada Raam Pundjabi, produser film.

Menurutnya, penokohan dan alur cerita film yang rencananya akan tayang pada akhir tahun 2013 itu tidak sesuai dengan fakta. Rachmawati merasa, ada poin-poin perjanjian yang telah dilanggar. Menanggapi hal itu, Hanung santai. Ia tetap memproduksi filmnya, bahkan berencana scoring di Moskow, serta editing dan mixing di Bangkok.

“Saya kan orang kreatif, tidak ada hubungan dengan perjanjian antara Pak Raam sebagai pemilik modal dan Ibu Rachma. Tapi kita juga berdiskusi. Sutradara tidak selalu otoriter, saya juga melakukan proses,” ujar Hanung, seperti dapat disaksikan dalam video Seleb@Seleb ANTV berikut.

Menurut suami Zaskia Addya Mecca itu, penggarapan film Soekarno: Indonesia Merdeka sudah sesuai prosedur. Termasuk saat memutuskan Ario Bayu untuk memerankan sosok founding father. Karena itu, jika kasus ini sampai dimejahijaukan, Raam selaku produser pun siap.

“Tapi saya harap tidak ya. Bung Karno itu bukan ide, tapi kenyataan. Sejarah. Ketika itu akan difilmkan oleh perusahaan yang berpengalaman dan bekerja sama dengan Bu Rachma, itu bagus untuk kita berdua,” ujar petinggi Multivision Plus itu.

Selama ini, Rachma mengaku telah membentuk tim sendiri untuk terlibat dalam film Soekarno: Indonesia Merdeka. Menurutnya itu penting, karena meski banyak referensi, produser maupun sutradara film itu belum pernah bertemu Sang Proklamator untuk memahami gesture-nya.

“Saya terlibat mengoreksi. Jangan sampai tim Hanung banyak menyimpang. Sejauh ini saja skenario sudah tiga kali revisi,” ujar Rachmawati. (eh)
TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found