Kawasan Industri Kaesong Dibuka Lagi Pekan Depan

Kawasan industri Kaesong di Korut ditutup
Sumber :
  • REUTERS/Kim Hong-Ji/Files
VIVAnews
Persib Bandung Bagi-bagi Takjil Gratis, Maskot Ikut Turun ke Jalan
- Setelah melalui dialog yang panjang, kedua negara Korea akhirnya sepakat untuk membuka kembali kawasan industri Kaesong, pada 16 September 2013. Namun, tanggal itu baru dipilih oleh Korea Selatan dan Korea Utara sebagai percobaan awal.

Otto Hasibuan Klaim Pemilu 2024 Paling Damai, Bukan Paling Buruk

Stasiun berita
Jelang Lebaran, Irish Bella Ajarkan Anak Cara Bedakan Nominal Uang THR
Channel News Asia, Rabu 11 September 2013 melansir informasi itu diperoleh dari Kementerian Unifikasi Korsel. Kesepakatan akhirnya berhasil dicapai di ronde kedua pembicaraan di antara kedua negara yang dimulai Selasa pagi kemarin dan berlanjut hingga malam hari.

"Pondasi secara institusional telah ditetapkan bagi Kaesong menuju ke kawasan industrial yang siap menghadapi persaingan internasional," ujar perwakilan Kementerian Unifikasi.


Sebagai bagian dari kesepakatan, Korut menerima persyaratan Korsel yang menuntut para investor asing juga dapat menanamkan investasinya di Kaesong. Hal itu dilakukan Seoul sebagai tindakan pencegahan Korut tidak akan menutup Kaesong lagi di masa mendatang.


Kesepakatan Rabu ini juga menyetujui adanya rencana tur keliling Kaesong yang dilakukan para investor asing pada Oktober mendatang.


Sementara itu, terhadap pengusaha Korsel yang merugi jutaan won karena kawasan itu ditutup, Pemerintah Negeri Ginseng memberikan pengecualian membayar pajak hingga akhir 2013. Selain itu, menurut Kantor berita
Yonhap
, kedua pihak juga sepakat membuat Kaesong menjadi lokasi yang mudah diakses oleh para pengusaha dari Korsel.


Para analis menilai saat Kaesong dibuka kembali, maka Pyongyang akan kembali menekan Seoul untuk menghidupkan kembali proyek bersama lainnya yang tutup. Proyek yang dimaksud yaitu tur warga Korsel ke resort Pegunungan Kumgang.


Pemerintah Korsel menutup program tur tersebut karena pada 2008 tentara Korut menembak mati seorang turis wanita asal Korsel. Korut beralasan menembak turis itu karena dia berusaha menyebrang masuk ke daerah terlarang.


Tidak terima, program tur itu dihentikan, Korut membalas dengan membatalkan kesepakatan dengan perusahaan pembangun resort asal Korsel, Hyundai Asan dan menyita aset mereka. Korsel sepakat untuk kembali menghidupkan program tur ke Kumgang, namun masih menunda tanggal pertemuan untuk mendiskusikan hal itu.


Kumgang pada bulan ini akan menjadi tuan rumah acara reuni keluarga dari kedua negeri Korea. Reuni ini dihidupkan kembali setelah di tahun 2010 terjadi konflik di antaranya keduanya.


Dalam acara tersebut, anggota keluarga yang terpisah akibat perang Korea tahun 1950-1953 kembali bertemu.


Kawasan industri Kaesong ditutup pada April kemarin oleh Korut. Mereka menarik sekitar 53 ribu para pekerjanya di tengah tingginya ketegangan di Semenanjung Korea.


Saat itu Korut dijatuhi hukuman sanksi tambahan oleh Dewan Keamanan PBB atas uji coba nuklir ketiga yang dilakukan 12 Februari kemarin. Kemarahan Korut semakin menjadi, ketika mereka mengetahui seteru abadinya, Korsel, dan Amerika Serikat mengadakan latihan militer bersama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya