Belajar dari Buku, Ibu Biarkan Anak Adopsinya Mati Kedinginan

Ilustrasi kekerasan terhadap anak
Sumber :

VIVAnews - Seorang ibu di negara bagian Washington, Amerika Serikat, dinyatakan bersalah karena telah membuat anak adopsinya yang berusia 13 tahun tewas kelaparan dan kedinginan. Ibu ini mengaku menerapkan didikan keras pada anaknya berdasarkan ajaran sebuah buku pendidikan anak.

Diberitakan The Guardian, Selasa 10 September 2013, Carri William didakwa atas kasus penyiksaan dan pembunuhan atas tewasnya Hana Williams, anak yang diadopsinya dari Ethiopia. Gugatan yang sama diberikan untuk suaminya, Larry Williams.

Larry dan Carri yang tinggal di Sedro-Wooley ditahan pada September 2011, empat bulan setelah kematian Hana. Menurut laporan penyidik, Hana dipukuli, dibiarkan kelaparan, dan dipaksa buang air serta tidur di luar rumah. Berat badannya turun drastis dibandingkan saat dia diadopsi 2008 lalu.

Hana ditemukan tewas di luar rumahnya dalam keadaan telanjang dan kurus kering pada Mei 2011. Diperkirakan dia tewas karena radang dingin atau hypothermia akibat suhu yang kala itu mencapai 4 derajat celcius. Adiknya yang berusia 10 tahun, juga anak adopsi, mengalami perlakuan yang sama.

Keluarga William menerapkan aturan yang keras untuk dua anak adopsinya. Dalam penyelidikan, diketahui mereka belajar cara ini dari buku best-seller yang ditulis seorang pendeta bernama Michael Pearl dan istrinya Debi, berjudul 'To Train Up a Child'. Lantaran buku ini, Michael Pearl sendiri sudah dipecat kelompok Gerejanya. 

Menurut The National tahun lalu, Pearl menulis buku itu berdasarkan ajaran kaum Amish, dalam mendisiplinkan "keledai yang keras kepala". Pearl mengajarkan pendidikan yang keras untuk memberi anak-anak pelajaran. Ajaran lainnya yang kontroversial adalah memberi hukuman "puasa" atau "dipaksa makan" untuk anak yang pilih-pilih makanan.

Pearl sendiri sesungguhnya mengajarkan agar melakukan itu semua dengan kasih sayang. Namun banyak yang salah mengartikan ajaran dalam buku yang telah terjual lebih dari 670,000 copy ini di seluruh AS. Carri memukuli anak-anaknya dengan pipa ledeng, tidak memberinya makan, dan membiarkan mereka tidur di luar.

Suami-istri William ini terancam hukuman penjara seumur hidup. Vonis rencananya akan dibacakan pada Oktober mendatang.

Ditentang Kelompok Kristen

Bukan hanya Hana yang jadi korban buku ini. Ada dua anak lainnya, yaitu Lydia Schatz usia 7 tahun yang diadopsi dari Liberia tewas disiksa orangtua angkatnya di California pada 2010. Lydia dipukuli dengan pipa hingga tewas, dia mengalami kerusakan jaringan yang parah.

Korban lainnya adalah Sean Paddock usia empat tahun dari Johnston County, yang tewas pada 2006. Sean adalah anak adopsi yang tewas akibat disekap dengan selimut. Saudara-saudaranya juga mengalami kekerasan yang sama yang dilakukan oleh ayah angkat mereka.
Dalam ketiga rumah pelaku, polisi menemukan buku Pearl ini.

Pesan Vicky Prasetyo Jika Meninggal Dunia, Minta Hal Ini ke Keluarga

Beberapa kelompok Kristen konservatif menolak ajaran Pearl yang menurut mereka salah kaprah dan bisa ditafsirkan salah oleh para pembacanya. Pada 2011, mereka menggelar petisi menuntut distributor buku seperti Amazon untuk berhenti menjual To Train Up a Child.

"Bahaya dari metode Pearl adalah jika kau tidak mendapatkan hasilnya, maka hal yang bisa dilakukan hanyalah menghukum dengan lebih keras dan keras lagi," kata Crystal Lutton, pengelola salah satu situs Kristen penentang metode Pearl, Grace-Based Discipline.

Mobil Jeep Rubicon yang digunakan tersangka Mario Dandy menganiaya anak pengurus GP Ansor, David

Jeep Rubicon Mario Dandy Dilelang dengan Harga Limit Rp809 Juta, Intip Spesifikasinya

Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan (Kejari Jaksel) mengumumkan lelang mobil Jeep Rubicon Wrangler milik Mario Dandy. Harga limitnya Rp809 juta, gimana spesifikasi mobilnya?

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024