DUNIA

Berseteru, Kursi Obama-Putin Dijauhkan Saat KTT G20

Ada dua hal yang membuat kedua kepala negara berseteru.

ddd
Kamis, 5 September 2013, 15:13 Denny Armandhanu
 Presiden AS Barack Obama dan Presiden Rusia Vladimir Putin
Presiden AS Barack Obama dan Presiden Rusia Vladimir Putin (REUTERS/Kevin Lamarque )
VIVAnews - Perseteruan politik antara Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan Presiden Rusia Vladimir Putin memaksa panitia penyelenggara G20 di kota St. Petersburg mengambil langkah preventif. Salah satunya adalah menjauhkan tempat duduk keduanya dalam pertemuan para kepala negara tersebut.

Diberitakan The Guardian, Kamis 5 Agustus 2013, urutan tempat duduk para kepala negara diubah belakangan ini setelah ketegangan kedua kepala negara semakin menjadi. Dalam urutan tempat duduk awal, Putin dan Obama hanya dipisahkan oleh kepala negara Arab Saudi.

Urutan baru, Putin-Obama duduk mengapit lima kepala negara, termasuk Perdana Menteri Inggris David Cameron. Juru bicara Putin, Dmitry Peskov mengatakan, awalnya urutan tempat duduk diatur berdasarkan abjad Rusia.

"Tempat duduk akan diatur berdasarkan alfabet Inggris," kata Peskov.

Hubungan Obama dan Putin renggang karena dua hal, Suriah dan Snowden. Rusia menentang rencana penyerangan Suriah oleh Amerika Serikat tanpa persetujuan Dewan Keamanan. Sementara Obama memprotes pemberian suaka Rusia pada Edward Snowden, si pembocor dokumen rahasia AS.

Akibat perseteruan ini juga, Obama membatalkan pertemuan bilateral antara AS-Rusia jelang KTT tersebut. Ini adalah kali pertama dalam 53 tahun presiden AS membatalkan pertemuan bilateral dengan Rusia.

Kedua kepala negara juga sering melontarkan kalimat pedas. Obama dalam sebuah wawancara mengatakan Putin seperti bocah sekolah yang sedang bosan. "Dia memiliki tampang yang malas, seperti bocah yang kebosanan di belakang kelas," kata Obama usai membatalkan pertemuan dengan Putin bulan lalu.

Komentar ini dibalas Putin, "Kami bekerja, kami kadang bertikai soal sebuah masalah. Kami manusia. Terkadang kami juga bisa jengkel."

Akibat perseteruan Obama-Putin soal Suriah, diperkirakan agenda KTT G20 soal ekonomi akan didominasi isu ini.  (eh)


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
wong_sugih
05/09/2013
bagaimana dengan SBY, ada di posisi manakah beliau..??
Balas   • Laporkan
obatrabies
05/09/2013
Sama-sama bertampang pemalas kok berantem ...
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com