Terduga Koruptor di China Disiksa Hingga Tewas

Delegasi militer menuju Balai Agung Rakyat di Beijing, China
Sumber :
  • REUTERS/Carlos Barria

VIVAnews - Seorang pejabat di China meninggal dunia setelah disiksa oleh tim penyidik dalam proses investigasi. Dia diduga tewas setelah dibenamkan berkali-kali ke dalam air dingin.

Iran Bantah Rudal Israel Meledak di Isfahan: Itu Drone yang Ditembak Jatuh

Diberitakan BBC, Rabu 4 September 2013, korban bernama Yu Qiyi, mantan kepala teknisi di perusahaan milik pemerintah, Wenzhou Industry Investment Group. Anggota Partai Komunis ini diduga terlibat korupsi dana penjualan lahan.

Menurut dokumen laporan penyelidikan, seperti dikutip dari Beijing Times, Yu tewas pada 9 April lalu akibat disiksa oleh enam tim penyidik saat diinterogasi. Sebelumnya dia dilaporkan tewas akibat kecelakaan.

Proses penyiksaan dan interogasi yang dialami Yu dinamakan "proses shuanggui", atau prosedur pendisiplinan internal Partai Komunis agar seseorang mengakui perbuatannya.

TNI Berduka, Letkol Marolop Meninggal Dunia 2 Hari Usai Serahkan Jabatan Komandan Kodim di Papua

Kepalanya dibenamkan berkali-kali ke air berisi es. Tidak sadarkan diri, dia lalu dilarikan ke rumah sakit sebelum menghembuskan nafas yang terakhir. Laporan otopsi menyebutkan, Yu meninggal karena terlalu banyak menghisap cairan yang membuat paru-parunya tidak berfungsi.

"Yu Qiyi adalah orang yang kuat sebelum proses shuanggui, tapi dia sangat kurus ketika meninggal," kata istrinya, Wu Qian.

"Dia memiliki banyak luka dalam dan luar setelah 38 hari ditahan. Selain ditenggelamkan oleh penyidik, dia pasti disiksa dengan berbagai macam cara, dan mungkin banyak orang yang terlibat," lanjutnya lagi.

Viral Wanita Ini Bawa Mayat Pamannya Buat Pinjam Uang ke Bank

Berita kematian Yu ini awalnya juga ditulis oleh situs media pemerintah Xinhua, namun belakangan tautan menuju artikel itu tidak bisa lagi dibuka. (umi)

Alvina Elysia Dharmawangsa

Mengenal Sepak Terjang Karier Alvina Elysia, Dirut Perempuan di Anak Perusahaan Pupuk Kaltim

Alvina Elysia Dharmawangsa Mengawali karier di tahun 2008 sebagai staff Process Engineer di pabrik Pupuk Kaltim usai menuntaskan pendidikan tingginya dari jurusan Teknik

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024