Mantan Presiden AS Keliru 'Umumkan' Mandela Wafat

Mantan Presiden Amerika Serikat, George W Bush
Sumber :
  • Reuters/ Samuel P. Jacobs
VIVAnews
Pecahkan Rekor Tertinggi, Harga Emas Hari Ini Tembus Rp 1.249.000 Per Gram
- Mantan Presiden ke-41 Amerika Serikat, George HW Bush, mengeluarkan pernyataan mengejutkan pada Minggu kemarin. Dia menyampaikan rasa duka cita mendalam atas kematian mantan Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela. 

Ten Hag Bawa 3 Pemain Man Utd U-18 ke Tim Senior

Laman Daily Mail, Minggu 1 September 2013 melansir peristiwa itu bermula ketika juru bicara Bush, Jim McGrath, keliru membaca berita sekilas yang ditampilkan harian Washington Post. Dalam pernyataan awal Bush, tertulis dia dan istri, Barbara, berduka atas kepergian pejuang kebebasan terbesar, Nelson Mandela. 
Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp100 Juta Jadi Tersangka

Sebagai orang yang pernah berkuasa di AS, Bush membayangkan bagaimana mungkin seorang Nelson Mandela memiliki kapasitas mengagumkan untuk memaafkan orang yang telah memenjarakannya selama 26 tahun. Ini merupakan salah satu contoh pengampunan dan rasa cinta kasih yang hebat, kata dia. "Saya dan Barbara sangat menghormati Presiden Mandela dan menyampaikan duka yang mendalam kepada pihak keluarga," kata Bush dalam sebuah pernyataan. 

Mengetahui sang bos berbuat kesalahan yang bersumber dari kekeliruannya,
McGrath lantas langsung meminta maaf kepada publik. Dia meminta secara terbuka melalui akun pribadi Twitternya. 

"Pernyataan Presiden ke-41 yang disampaikannya pagi ini merupakan kekeliruan saya saat membaca tajuk pemberitaan Washington Post. Kesalahan yang bodoh oleh saya. Saya meminta maaf semuanya kepada Anda," kicau McGrath di akun Twitternya. 

Kesalahan ini langsung direspon Presiden Afrika Selatan. Dia menyatakan bahwa pernyataan yang disampaikan Bush keliru. "Kami melihatnya sebagai kesalahan yang dilakukan dari pihak mereka. Sementara kami tidak akan memperpanjang masalah ini," ungkap Juru Bicara Mac Maharaj. 

Mandela sendiri pada Minggu kemarin baru saja dipulangkan dari RS MediClinic Heart setelah dirawat di sana sejak tanggal 8 Juni kemarin. Dia dibawa pulang ke rumahnya di kota Johannesburg. 

Di sana sudah disiapkan sebuah kamar intensif untuk merawat Mandela dari rumah. Sementara kondisi Mandela hingga saat ini masih dalam keadaan kritis dan tidak stabil. 

"Namun tim dokter tetap akan meyakinkan pihak keluarga kendati dirawat di rumah dia akan tetap menerima perawatan intensif yang sama seperti di RS," ungkap pernyataan dari Pemerintah Afsel. 

Bush sendiri saat ini diketahui sedang mengalami permasalahan kesehatan. Hal itu terlihat jelas saat dia menghadiri peringatan Martin Luther King Jr pada Rabu pekan lalu.

Saat itu Bush terlihat menggunakan kursi roda karena usianya yang sudah tua. Menurut McGrath, Bush menggunakan kursi roda karena sudah tidak lagi sanggup berjalan. (eh)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya