Pemimpin Tinggi Ikhwanul Muslimin Ditangkap Militer Mesir

Pemimpin Ikhwanul Muslimin, Mohamed Badie.
Sumber :
  • REUTERS/Mohamed Abd El-Ghany

VIVAnews - Salah satu pemimpin tinggi kelompok Ikhwanul Muslimin (IM), Muhamed Badie, ditahan oleh militer Mesir. Aksi penahanan itu dilakukan hari ini, Selasa 20 Agustus 2013 di apartemennya yang berlokasi di Nasr City di timur laut Kairo.

Stasiun berita Al Jazeera melansir Badie sudah sejak menjadi buron pemerintahan sementara Mesir sejak peristiwa tergulingnya mantan Presiden Muhammed Mursi tanggal 3 Juli kemarin.

Dia dituduh turut serta dalam peristiwa terbunuhnya delapan demonstran di luar markas IM yang terjadi pada Juni kemarin.

"Penahahan ini terjadi usai informasi mengenai lokasi persembunyian Badie diketahui tentara keamanan," dalam laporan stasiun televisi pemerintah.

Menurut laporan Al Jazeera, lokasi apartemen Badie dekat dari lokasi pendudukan massa yang berakhir dengan bentrokan berdarah pada Rabu pekan lalu.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

Kantor berita BBC melansir penahanan Badie ini terjadi usai putranya, Ammar Badie, ditembak mati saat unjuk rasa besar-besaran terjadi di Lapangan Ramses.

Persidangan akan segera digelar bulan depan untuk mengadili Badie dan wakilnya, Khairat el-Shater.

Selain Badie, tentara pemerintah turut menahan ratusan anggota IM lainnya, khususnya usai peristiwa pembubaran paksa kamp massa IM yang terjadi pada Rabu pekan lalu.

Karena situasi politik di Mesir yang belum kondusif, pemerintah akhirnya menerapkan keadaan darurat sejak Rabu pekan lalu hingga satu bulan ke depan. (eh)

Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024