33 Tahun Jadi Presiden, Pria 89 Tahun Ini Terpilih Lagi

Robert Mugabe
Sumber :
  • Reuters
VIVAnews
Jemaah Salat Id Bubar, Respons Mabes TNI soal Pengendara Fortuner Ngaku Adik Jenderal
-  Robert Mugabe yang kini berusia 89 tahun terpilih lagi menjadi Presiden Zimbabwe untuk periode lima tahun. Robert Mugabe dinyatakan menang pemilu yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum Zimbabwe, Sabtu 3 Agustus 2013.

Angkasa Pura Indonesia Layani 4,1 Juta Penumpang di Mudik Lebaran 2024

"Robert Gabriel Mugabe, dari Partai ZANU-PF, dengan ini terpilih menjadi Presiden Republik Zimbabwe yang berlaku mulai hari ini," kata Ketua KPU, Rita Makarau, dalam jumpa pers mengenai hasil pemungutan suara 31 Juli lalu, seperti dilansir
Top Trending: Video Ceramah Sholat Idul Fitri Singgung Politik hingga 4 Ribu Pengendara Kena Tilang
Reuters .


Hasil pemilihan ini sudah pasti ditolak kubu oposisi dari Gerakan untuk Perubahan Demokratis (MDC) yang berencana mengajukan ke pengadilan. Pemimpin MDC Morgan Tsvangirai menuduh partai berkuasa melakukan kecurangan.


"Kami akan ke pengadilan, Persatuan Afrika, dan Komunitas Pembangunan Afrika Bagian Selatan," kata Tsvangirai yang berang dalam jumpa pers.


Pemimpin MDC yang kini Perdana Menteri dalam pemerintahan yang terpecah-pecah di bawah Mugabe itu, benar-benar menolak hasil Pemilu yang menunjukkan ZANU-PF menang dengan dua pertiga kursi parlemen.


Hasil ini tentu saja membuat Mugabe yang sudah berkuasa selama 33 tahun akan kembali duduk di kekuasaan untuk lima tahun ke depan. Penguasa tertua dan terlama di Afrika ini memimpin Zimbabwe sejak negeri yang dulu bernama Rhodesia itu merdeka dari Inggris pada 1980. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya