Delegasi Eropa Temui Mursi di Tempat Rahasia

Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Catherine Ashton di Mesir
Sumber :
  • REUTERS/Amr Abdallah Dalsh
VIVAnews -
Sandra Dewi Tak Lagi Jadi Brand Ambassador Produk Ini, Buntut Kasus Harvey?
Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Catherine Ashton, mengaku telah betemu dengan mantan presiden Mesir Mohammed Mursi pada Senin malam waktu setempat. Ashton adalah orang asing pertama yang bertemu Mursi sejak dia digulingkan awal Juli lalu.

Sopir Sedan di Tangsel Jadi Tersangka Usai Tabrak Pemotor dan PKL

Menurut laman
Pecahkan Rekor Tertinggi, Harga Emas Hari Ini Tembus Rp 1.249.000 Per Gram
Al-Jazeera , Selasa 30 Juli 2013, mengutip juru bicara Uni Eropa, Ashton dan Mursi bertemu selama dua jam, melakukan pembicaraan mendalam. Tidak disebutkan apa yang dibicarakan dalam pertemuan tersebut.


Menurut seorang sumber yang diperoleh media, Ashton menemui Mursi di sebuah tempat yang dirahasiakan dengan menggunakan helikopter militer. Mursi ditahan secara resmi oleh pengadilan terkait dengan aksi pembobolan penjara dalam pemberontakan yang menggulingkan mantan Presiden Husni Mobarak.


Sebelumnya, Ashton juga sudah berkunjung ke Mesir pada tanggal 17 Juli. Saat itu dia meminta untuk bertemu dengan Mursi dan mengajukan pembebasan baginya. Namun permintaan itu ditolak pemerintah Mesir.


Ashton tiba di Mesir pada Minggu malam dan bertemu dengan beberapa pejabat penting, termasuk Presiden sementara Adly Mansour, Wakil Presiden bidang luar negeri, Mohamed ElBaradei dan Panglima Militer Mesir, Jenderal Abdel-Fattah al-Sisi.


Ashton juga sempat bertemu dengan koalisi pendukung Mursi pada Senin malam, namun dia tidak akan berkomentar mengenai hasil pertemuannya itu hingga hari Selasa ini.


"Tidak ada insitiatif apa pun yang diberikan Ashton atau dari pihak kami. Dia hanya mendengarkan informasi terbaru soal situasi di Mesir sejak kunjungan terakhirnya di Mesir," ujar anggota delegasi pro-Mursi, Mohamed Ali Bishr. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya