Kemlu Mesir Cabut Paspor Diplomatik Mursi

Aksi Unjuk Rasa di Mesir
Sumber :
  • REUTERS
VIVAnews
Ganjar-Mahfud Ngaku Tak Dapat Undangan Penetapan Prabowo-Gibran, KPU Bilang Begini
– Kementerian Luar Negeri Mesir, Jumat 19 Juli 2013, resmi mencabut paspor diplomatik milik mantan Presiden Muhammed Mursi. Hal itu dilakukan karena Mursi tak lagi menjabat sebagai presiden.

Fakta-fakta Anggota TNI Tersambar Petir di Depan Mabes Cilangkap, 1 Meninggal Dunia

Gulf News
Golkar Terbuka Jika Jokowi-Gibran Mau Gabung: Amin, Kami Anggap Doa
melansir, perintah itu dikeluarkan dua minggu usai Mursi dijungkalkan dari tampuk kepemimpinan oleh pihak militer yang dipimpin Menteri Pertahanan Jenderal Abdel-Fattah Al-Sisi.  “Langkah ini kami ambil atas permintaan dari pihak Istana Kepresidenan dan sesuai aturan yang berlaku bagi pemegang paspor Mesir,” ujar perwakilan Kemlu.

All Africa
menyatakan, Kemlu Mesir tidak hanya mencabut paspor milik Mursi, namun juga kaki tangan, penasihatnya, dan anggota Dewan Syura yang telah dibubarkan oleh pemerintah.


Hingga saat ini keberadaan Mursi usai dijungkalkan pihak militer masih belum jelas. Namun banyak pihak menduga dia ditahan di markas Garda Republik.


Juru bicara Kemlu, Badr Abdel-Atti, mengatakan Mursi kini berada di tempat yang aman dan diperlakukan secara baik. Namun dia tidak mau buka suara soal lokasi persisnya Mursi berada.


“Mursi berada di sebuah tempat yang aman demi keselamatannya sendiri. Dia juga diperlakukan dengan penuh rasa hormat,” ujar Badr. Sejak digulingkan tanggal 3 Juli lalu, Mursi belum dikenakan dakwaan hukum apapun. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya