Ratusan Militan Taliban Pakistan Tiba di Suriah

Tentara Pembebasan Suriah di kota Aleppo.
Sumber :
  • REUTERS/Zohra Bensemra

VIVAnews - Ratusan militan Taliban dari Pakistan tiba di Suriah untuk membantu para pejuang melawan tentara rezim Bashar al-Assad. Bantuan Taliban diharapkan mampu memukul mundur tentara Assad yang dibekingi Iran dan Hizbullah dari Lebanon.

Diberitakan Reuters, ratusan militan radikal ini telah mendirikan tenda di suatu tempat di Suriah. Sejak pertempuran pecah dua tahun lalu, Suriah menjadi magnet bagi para militan dari seluruh dunia yang ingin berjihad.

Seorang komandan Taliban kepada Reuters, Minggu 14 Juli 2013, mengatakan kedatangan mereka adalah untuk memenuhi permohonan bantuan dari para pejuang Suriah. "Ketika saudara kami meminta bantuan, maka kami kirim ratusan pejuang untuk membantu teman-teman Arab kami," ujar dia.

Taliban diperkirakan akan bergabung dengan Front al-Nusra seperti militan lainnya dari seluruh dunia. Al-Nusra adalah kelompok yang berafiliasi dengan al-Qaeda dan dicap teroris oleh Amerika Serikat.

Kelompok ini biasanya beroperasi dengan personel sedikit namun efektif dalam menggempur kekuatan Assad, terutama di wilayah utara Suriah. "Kami mendirikan kamp sendiri di Suriah. Orang-orang kami keluar masuk untuk bertempur di sini," kata komandan lainnya.

Taliban Pakistan atau yang dikenal dengan nama Tehreek-e-Taliban, beroperasi di wilayah Pashtun dekat perbatasan Afganistan. Misi mereka adalah menggulingkan pemerintahan Pakistan dan menerapkan syariah Islam versi mereka di negara itu. Militer, polisi dan sipil kerap jadi korban kekerasan kelompok ini.

Sudah lebih dari 90.000 orang tewas di Suriah dalam peperangan antara warga melawan rezim Assad. Peperangan imbas dari revolusi Arab yang awalnya ingin menggulingkan kekuasaan kini telah meluas jadi konflik sektarian Sunni-Syiah.

Kombes Gidion: Penganiayaan Senior kepada Junior Taruna STIP Dianggap Tradisi

Hal ini diperkuat dengan dukungan kelompok Syiah Lebanon, Hizbullah, dan Iran. Ulama-ulama Sunni sebelumnya juga menegaskan bahwa ini bukan lagi soal kekuasaan, tapi perang mempertahankan agama. Mereka menyerukan umat Muslim untuk ke Suriah, baik dengan tenaga ataupun bantuan makanan. (sj)

Indonesian Vice President Maruf Amin

Wapres Ma'ruf Amin Dorong Timnas Indonesia U-23 Raih Tiket Olimpiade Paris

Wapres Ma'ruf Amin Dorong Timnas Indonesia U-23 Raih Tiket Olimpiade Paris 2024. Indonesia masih punya kesempatan playoff melawan Timnas Guinea.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024