VIDEO: Dubes China Ucapkan Selamat Berpuasa Bagi Pengunjung VIVA.co.id

Duta Besar China untuk Indonesia, Liu Jianchao
Sumber :
  • VIVAnews/Denny Armandhanu
VIVAnews
5 Fakta Mengejutkan di Balik Kasus Pengemudi Fortuner Arogan Pakai Pelat TNI Palsu
- Duta Besar China untuk Indonesia, Liu Jianchao, mengucapkan selamat beribadah puasa. Ucapan itu disampaikan Liu dalam bahasa Indonesia kepada para pengunjung VIVA.co.id (VIVAnews) dan juga kepada para umat Muslim di penjuru dunia.

Usai Menlu Cina, Eks PM Inggris Tony Blair Datangi Istana Temui Jokowi

Video ucapan Selamat Berpuasa dari Dubes China untuk RI bisa dilihat dengan .
Timnas Indonesia U-23 Pasti Raih Hasil Bagus, Main 9 Orang Saja Bisa Repotkan Qatar

"Walaupun saya bukan Muslim tapi saya turut bersukacita dan menghargai umat Muslim yang sedang menjalankan ibadah di bulan suci Ramadan ini. Semoga ibadah di bulan suci ini berjalan lancar dan tuntas," ujar Dubes Liu dalam bincang-bincang kepada
VIVAnews
di kediamannya beberapa waktu lalu usai rekaman video ucapan Selamat Berpuasa dalam Bahasa Indonesia.


Menurut Dubes Liu, umat Muslim di China mulai berpuasa dari 9 Juli 2013 dan Idul Fitri pada 8 Agustus 2013. Namun dia menyatakan bahwa tidak ada perbedaan mendasar antara umat Muslim di Indonesia dengan kaum Muslim di negaranya dalam menjalankan ibadah Ramadan.


"Saya percaya umat Muslim di kedua negara pada prinsipnya menjalankan keyakinan dan ritual yang sama, begitu pula dalam merayakan Idul Fitri," kata Dubes Liu.


Menurut dia ada sedikitnya 21 juta umat Muslim di China. Walaupun berada di negara yang diperintah Partai Komunis, ibadah dan acara-acara keagamaan umat Muslim di sana dijamin dan dilindungi oleh Pemerintah China. "Pemerintah kami dan para ulama telah bekerjasama untuk menyediakan fasilitas-fasilitas yang diperlukan untuk menjalankan kegiatan-kegiatan keagamaan. Misalnya, sudah dibangun sedikitnya 30.000 masjid dan pusat studi Islam di China," kata Dubes Liu.


Dia juga mencatat bahwa, sebagai mayoritas rakyat, umat Muslim di Indonesia turut memberi peran signifikan bagi negara mereka dalam menjalin hubungan erat dengan China. "Saya juga patut memuji peran yang nyata bagi umat Muslim di Indonesia dalam memajukan negara mereka baik dalam pembangunan ekonomi dan sosial politik." ujar Dubes Liu, yang pernah menjadi juru bicara Kementerian Luar Negeri China. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya