Pesawat Asiana Nahas Dikemudikan Pilot Veteran

Asiana Airlines asal Korsel kecelakaan di San Francisco
Sumber :
  • REUTERS/Robert Galbraith

VIVAnews – Seorang pejabat senior Asiana Airlines mengatakan, pesawat Boeing 777 nomor penerbangan 214 yang mengalami kecelakaan dan terbakar di Bandara Internasional San Francisco, California, Amerika Serikat, Sabtu 6 Juli 2013 waktu setempat, diterbangkan oleh pilot berpengalaman.

“Nama pilot itu Lee Jeong-min. Dia seorang pilot veteran yang telah lama berkarir di Asiana. Dia salah satu dari empat pilot di pesawat itu. Mereka mengemudikan pesawat bergantian selama 10 jam perjalanan,” kata pejabat Asiana Airlines yang enggan disebutkan namanya itu kepada Reuters.

Total jarak tempuh Asiana Airlines dengan rute Seoul Korsel-San Francisco AS itu adalah 10 jam 24 menit. Tak ada yang mengira bencana terjadi di akhir perjalanan itu. Saat ini komite investigasi dari Asiana Airlines ikut menyelidiki kecelakaan tersebut.

Asiana Airlines adalah maskapai terbesar kedua di Korea Selatan dan merupakan anggota Star Alliance yang mempunyai 91 rute penerbangan internasional, 28 kargo, dan 14 rute domestik di Korsel. Asiana mengoperasikan armada yang terdiri dari 80 pesawat.

Indonesia Vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23, Arab Saudi Tersingkir

Asiana didirikan tahun 1988 oleh konglomerat konstruksi dan transportasi Kumho Asiana, saat Korsel sedang mengembangkan kekuatan ekonominya di tingkat internasional. Dua tahun kemudian, Asiana meluncurkan rute internasional pertamanya ke Tokyo dan Hong Kong, disusul ke Asia Tenggara dan Los Angeles pada tahun berikutnya.

Sejak saat itu, maskapai penerbangan ini secara bertahap memperluas rutenya ke berbagai destinasi di Eropa dan AS. Itu belum termasuk 21 rutenya ke Jepang dan lebih dari 30 rute ke China. Asiana kini tengah memesan 30 Airbus A350 dan 6 Airbus A380 untuk memenuhi lonjakan penumpang jarak jauh.

Mendukung Perkembangan Voli Indonesia melalui Kiprah Megawati dan Fun Volleyball 2024

Asiana bersama Korean Air sebagai dua maskapai penerbangan terbesar Korsel sampai sekarang terus menambah rute penerbangannya ke Amerika Serikat sejak Korsel dimasukkan dalam program bebas visa AS tahun 2008.

Kedua maskapai komersial Korsel itu awalnya diterbangkan oleh mantan pilot Angkatan Udara Korsel. Namun secara bertahap mereka menambah pilot sipil profesional ke dalam armadanya. Berdasarkan data Departemen Perhubungan Korsel, perbandingan penerbang militer dan sipil di dua maskapai itu kini sama. (eh)

Polisi bekuk pelaku begal yang bacok siswa SMP di Depok

Begal di Depok Nekat Beraksi Siang Bolong demi Beli Sabu

Begal itu menyasar pelajar dan perempuan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024