Ribuan Pendukung Mursi Mulai Unjuk Rasa

Pendukung Presiden Mursi berdemo di depan gedung MK Mesir
Sumber :
  • REUTERS/Amr Abdallah Dalsh
VIVAnews -
100 People Still Missing in Moscow Concert Hall Attack
Ribuan pendukung Mohamed Mursi telah berkumpul di Nasr City, Kairo, Mesir untuk memprotes kudeta militer dalam menumbangkan mantan Presiden Mursi dan pemerintahan yang sah.

Innalillahi, King Nassar Berduka Ayahanda Meninggal Dunia

Diberitakan
Pengunjung Coba Kelabui Petugas Lapas Yogyakarta Simpan Pil Koplo di Betis, Malah Ketahuan
AlJazeera , Jumat 5 Juli 2013 diperkirakan akan semakin banyak orang bergabung dalam unjuk rasa setelah salat Jumat waktu setempat. Orang-orang pendukung Mursi berkumpul memenuhi panggilan Ikhwanul Muslimin yang menyerukan untuk demonstrasi menentang kudeta.


Mursi merupakan presiden pertama Mesir yang terpilih secara demokratis dan didukung oleh gerakan Ikhwanul Muslimin. Namun, Mursi dikudeta pada Rabu 3 Juli 2013 oleh militer Mesir akibat desakan unjuk rasa oposisi yang digelar sejak Minggu 30 Juni 2013.


Aksi ini menimbulkan kekhawatiran akan terjadi bentrokan yang lebih besar lagi antara pendukung presiden Mursi dengan oposisi. Pada Kamis 4 Juli 2013 lalu puluhan orang terluka akibat bentrokan di kota Zagazig, kampung halaman Mursi.


"Pendukung Mursi menyatakan demo ini untuk melawan kudeta militer dan mengembalikan presiden sipil paling demokratis di Mesir," kata reporter
AlJazeera
.


Polisi dan militer Mesir telah mencekal berbagai tokoh Ikhwanul Muslimin karena diduga menghasut para pendukung yang berunjuk rasa untuk berbuat onar dan membunuh para demonstran anti-Mursi. Militer juga menutup perbatasan Rafah dan Gaza.


Sementara pihak militer Mesir mengatakan akan menjamin hak-hak para pengunjuk rasa selama mereka tidak berbuat onar atau merusak fasilitas umum. Namun kendati sudah diminta tidak bertindak represif sejak Kamis kemarin, kekerasan tetap terjadi antara kelompok pendukung Mursi dengan oposisi dan pihak militer. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya