PM Australia: RI Bisa Jadi Kekuatan Ekonomi Nomor 10 Dunia

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersama PM Australia Kevin Rudd
Sumber :
  • REUTERS/Enny Nuraheni

VIVAnews - Perdana Menteri Australia Kevin Rudd hari ini meluncurkan dokumen Strategi Negara Indonesia. Ini merupakan tindak lanjut dari dokumen strategi jangka panjang "Australia di Abad Asia", yang diluncurkan Canberra tahun lalu.
 
Penyusunan dokumen strategi mengenai Indonesia ini dipimpin oleh Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia dengan melibatkan banyak pihak yang memberikan sumbangsih berupa berbagai masukan.  
 
Konsultasi diselenggarakan di seluruh Australia dan di Jakarta dari April hingga Mei dengan para pebisnis, akademisi, pemerintah daerah, organisasi-organisasi pemuda dan kemasyarakatan yang ambil bagian dalam forum-forum meja bundar dan pertemuan terbuka di masing-masing ibu kota Negara Bagian dan Teritori.

"Kami menerima lebih dari 250 usulan, lebih dari 100 terkait dengan Indonesia. Unduh strategi ini dan lihat usulan-usulannya di http://www.dfat.gov.au/issues/asian-century/," demikian pernyataan tertulis PM Rudd yang diterima VIVAnews hari ini.

Strategi ini menjabarkan dalam garis besar bagaimana Australia dapat memanfaatkan dan mengembangkan keterampilan-keterampilan yang diperlukan untuk memperdalam dan memperkukuh kiprah Negeri Kanguru itu dengan para tetangganya di utara, terutama Indonesia.  
 
Dokumen strategi setebal 28 halaman itu menyebutkan bahwa Indonesia sebagai kekuatan kawasan yang sedang muncul dengan ekonomi yang tumbuh dengan pesat dan kelas konsumen yang lebih dari dua kali lipat dari penduduk Australia. Indonesia dipandang menghadirkan peluang-peluang yang signifikan bagi Australia dan dunia usaha Australia.
 
Strategi ini mengidentifikasi sejumlah jalur khusus bagi Australia menuju 2025, termasuk pemutakhiran persepsi masyarakat Australia tentang Indonesia, mendorong kajian bahasa dan budaya Indonesia, peningkatan mobilitas warga dalam dua arah, pengembangan kesadaran di antara dunia usaha, serta penguatan kiprah antar-warga di dalam dan antarkedua pemerintah.

Terpopuler: Orang Kaya ke Mall Bawa 20 Mobil Mewah, Gebrakan Baterai Baru BYD

Lima Negara

Selain mengenai Indonesia, Australia dalam beberapa bulan mendatang juga akan meluncurkan dokumen strategi atas empat negara lain, yaitu China, India, Jepang, dan Korea Selatan. Lima negara itu, bagi Australia, merupakan para mitra strategis sehingga perlu ada strategi khusus dalam menjalin hubungan luar negeri dengan mereka.

Pemerintah Australia pun mengundang publik untuk mengutarakan tanggapan atas dokumen strategi ini melalui Twitter dengan menggunakan hashtag #AsianCentury, dan tagging @DFAT

PM Rudd sendiri hari ini tengah berada di Jakarta untuk menghadari pertemuan rutin antarpemimpin Indonesia dan Australia bersama dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Ratusan Warga Serbu Rumah Ganjar Pranowo saat Open House

Kepada pers di Jakarta Kamis malam, Rudd menyatakan bahwa Indonesia kini memiliki ekonomi yang muda dan berkembang pesat dengan seperempat miliar penduduk. "Indonesia diproyeksikan menjadi kekuatan ekonomi nomor sepuluh dunia pada 2025," kata Rudd.

Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto mengatakan pihaknya Golkar dan juga partai Gerinda sepakat rekomendasikan nama Ridwan Kamil Sebagai Calon Gubernur DKI Jakarta.

Golkar dan Gerindra Sepakat Rekomendasikan Ridwan Kamil untuk Pilkada DKI

Golkar dan Gerinda sepakat rekomendasikan nama Ridwan Kamil Sebagai Calon Gubernur DKI Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024