DUNIA

FOTO: Ribuan Rakyat Mesir Rayakan Jatuhnya Presiden Mursi

Mursi digulingkan kekuasaannya sebagai presiden oleh pihak militer.
Jum'at, 5 Juli 2013
Oleh : Aries Setiawan
Pengunjuk rasa anti Presiden Mursi rayakan kemenangan
VIVAnews - Presiden Mesir Mohamed Mursi digulingkan kekuasaannya oleh pihak militer, Rabu malam waktu setempat.

Usai dilengserkan, para pengunjuk rasa yang oposisi menunjukkan rasa suka cita mereka dengan menari di Tahrir Square, kairo, Mesir. Mereka merayakan tergulingnya Mursi di bawah pesta kembang api dan kibaran bendera-bendera Mesir.

Lihat foto-fotonya di tautan ini.

Pengumuman penggulingan Mursi disampaikan oleh Kepala Staf Militer Mesir Jenderal Abdel Fattah Al-Sisi di televisi nasional, didampingi oleh pemimpin oposisi Mohamed ElBaradei dan Paus Kristen Koptik Tawadros II.

Dia mengatakan, militer terpaksa bertindak setelah Mursi menolak membuat pemerintahan rekonsiliasi nasional. Dia mengatakan bahwa militer bertindak demi memenuhi aspirasi rakyat Mesir.

"Rakyat menyerukan campur tangan militer untuk kemenangan mereka, bukan untuk berkuasa atau memerintah. Tapi, menuntut perlindungan dan kewajiban yang lain," kata Al-sisi.

Al-sisi juga mengumumkan bahwa Ketua Mahkamah Konstitusi Mesir, Adly al-Mansour, 67, menjadi presiden sementara. Dibantu dengan para ahli, pemerintahan yang baru akan merancang pemilu yang baru.

Pengumuman ini disambut gembira oleh ratusan ribu massa anti Mursi di seluruh Mesir. "Militer Mesir adalah yang terbaik di muka Bumi. Kami bangga pada militer kami, mereka melindungi kami," kata Jihan Spahi, 55, di Tahrir Square. (art)
TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found