Hakim Adli Mansour Disumpah Jadi Presiden Mesir

Format jet tempur Mesir
Sumber :
  • Reuters
VIVAnews -
Asia Business Council, Menko Airlangga Yakinkan Komitmen Indonesia Mempercepat Pembangunan Ekonomi
Hakim yang sebelumnya menjabat Ketua Mahkamah Konstitusi Adli Mansour resmi menjadi Presiden Mesir menggantikan Mohamed Mursi, Kamis 4 Juli 2013. Dia disumpah dan dilantik sehari setelah Mursi dikudeta militer Mesir.

5 Fakta Menarik Timnas Indonesia Usai Hancurkan Australia di Piala Asia U-23

Dikutip dari laman
Kembali Beroperasi, Pabrik Roti di Gaza Diserbu Ratusan Warga Palestina hingga Antre Berjam-jam
Aljazeera, Adli membacakan sumpahnya di Mahkamah Konstitusi Tertinggi di Kairo untuk menjabat sebagai Presiden sementara Mesir. "Saya bersumpah kepada Allah untuk menegakkan sistem republik dan mengormati konstitusi dan hukum. Dan, menjaga masyarakat serta melindungi bangsa," kata Mansour.


Mursi digulingkan militer pada Rabu waktu setempat setelah berkuasa selama 1 tahun 3 hari. Dia digulingkan karena dianggap gagal memulihkan kondisi Mesir. Bidang pariwisata dan investasi Mesir menurun drastis.


Sementara tingkat inflasi semakin merajela dan distribusi minyak kian menipis. Begitu mendengar kabar tumbangnya Mursi, para pengunjuk rasa anti-Mursi, melampiaskan kegembiraan mereka di Lapangan Tahrir dengan membunyikan klakson dan menembakkan kembang api ke udara.

 

Mansour mengaku salut pada kaum revolusioner Mesir. "Mereka yang membuktikan kepada dunia bahwa mereka cukup kuat. Pemuda pemberani dari Mesir yang memimpin revolusi ini."


Dikutip dari
Reuters
, Mansour juga berjanji akan menyelenggarakan pemilu. Namun, dia tidak menyebut kapan. Mansour memang akan bertugas menjalankan pemerintahan selama periode transisi berlangsung hingga pemilu dini digelar. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya