DUNIA

Militer Mesir Buru Para Petinggi Ikhwanul Muslimin

Ratusan anggota IM masuk dalam daftar tangkap militer.

ddd
Kamis, 4 Juli 2013, 11:00 Denny Armandhanu
Rakyat Mesir merayakan tergulingnya Mohammed Mursi
Rakyat Mesir merayakan tergulingnya Mohammed Mursi (REUTERS/Asmaa Waguih)

VIVAnews - Usai menggulingkan presiden Mohammed Mursi, kini militer Mesir memburu para petinggi Ikhwanul Muslimin (IM). Ratusan anggota IM telah masuk daftar dalam perintah penangkapan aparat.

Diberitakan Reuters, Kamis 4 Juli 2013, yang mengutip sumber di pemerintahan Mesir, militer telah menahan ketua Partai Kebebasan dan Keadilan (FJP) yang disokong IM, Saad El-Katatni, dan salah satu wakil ketua IM, Rashad al-Bayoumi.

Koran Al-Ahram melaporkan bahwa militer memburu 300 anggota IM yang masuk daftar penangkapan. Sementara itu, pasukan keamanan bersiap membersihkan jalan-jalan kota, terutama dekat Universitas Kairo dari orang-orang pendukung Mursi.

Polisi juga masih berupaya menangkapi para anggota IM yang menurut mereka provokator. "Polisi akan menangkapi para anggota IM yang dituduh memicu kekerasan dan mengganggu keamanan dan perdamaian," kata sumber.

Ikhwanul Muslimin baru menikmati kebebasan mereka berorganisasi setelah di masa Hosni Mubarak diberangus. Kali ini militer coba menerapkan hal yang serupa. Berbagai media IM, seperti televisi dan radio diboikot dan tidak bisa mengudara, para pegawainya juga ditahan.

Politisi IM mengatakan bahwa mereka tidak menginginkan adanya penggunaan kekerasan dalam demonstrasi massa beberapa hari terakhir. "Jelas tidak ada tujuan menciptakan kekerasan. Ikhwanul tidak dibangun di atas kekerasan. Tujuan kami adalah perdamaian, mempertahankan hal, ini lebih kuat dibanding kudeta militer," kata salah satu petinggi IM, Gamal Heshmat.

Heshmat mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh tentara Mesir sangat memalukan. Dia mengatakan, bahwa IM masih akan terus hidup kendati ditekan. "Kami masih ada di jalan-jalan, kami tidak tahu apakah seluruh angkatan bersenjata menerima apa yang dilakukan Sisi," kata Heshmat, merujuk pada Jenderal Abdel Fattah al-Sisi, kepala militer Mesir yang mengumumkan tergulingnya Mursi. (eh)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
anaktoba
04/07/2013
di Mesir mursi sudah dibabat..tinggal di Indonesia nih..PKS juga ikut dibabat ya..Viva Indonesia Negara sekuler ! Kami kaum nasionalis cinta bangsa.
Balas   • Laporkan
varduxx
04/07/2013
PKS mo ikut gulung tikar gak?
Balas   • Laporkan
edwin tedjo
04/07/2013
MENGECAM AKSI KUDETA DISERTAI PEMERKOSAAN MASAL DI MESIR!!!!
Balas   • Laporkan
varduxx | 04/07/2013 | Laporkan
yang diperkosa siapa Jo?...mbahmu po?...bagun tidur kok komentar. mana berita pemerkosaanya?..jangan2 yang duluan ngerti malah pelakunya
edi_wongndeso
04/07/2013
ya semoga sukses militer mesir
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com