4-7-1848: Manifesto Komunis Marx dan Engels

Makam Karl Marx
Sumber :
  • VIVAnews/Renne Kawilarang

VIVAnews - Pada 165 tahun yang lalu dua pemikir politik radikal Jerman, Karl Marx dan Fridrich Engels, menerbitkan karya mereka berjudul "Das Kommunistische Manifest" (Manifesto Komunis). Tulisan ini menjadi salah satu manuskrip politik paling berpengaruh di dunia sekaligus mengilhami ideologi politik para pemimpin di banyak negara sejak akhir abad ke-19.

Buku itu memuat teori-teori politik Marx dan Engels, yang dikenal dengan pemikiran Marxis. Kedua penulis menafsirkan kondisi masyarakat dan politik di Eropa saat itu, yang terjadi kesenjangan amat besar antara kaum pemodal (kapitalis) dengan masyarakat buruh sebagai dampak dari Revolusi Industri sehingga membentuk kelas tersendiri.

"Sejarah semua masyarakat hingga saat ini adalah sejarah perjuangan kelas," demikian kutipan Manifesto Komunis yang terkenal. Marx dan Engels juga memaparkan ide-ide mereka mengenai bagaimana masyarakat kapitalis pada akhirnya akan tergantikan oleh sosialisme, dan pada akhirnya oleh komunisme.

Menurut Jeremy Stangroom dan James Garvey lewat buku mereka "The Great Philosopher," penerbitan buku Marx dan Engels itu didukung oleh Liga Komunis di Jerman. Buku itu juga menyajikan pendekatan analitik mengenai perjuangan kelas - baik masa lampau maupun masa kini - dan masalah-masalah yang ada pada kapitalisme ketimbang memprediksi bentuk komunisme di masa depan.

Dewas KPK Gelar Sidang Etik Nurul Ghufron 2 Mei terkait Dugaan Penyalahgunaan Wewenang

Dalam bukunya, Maerin Seymour-Smith menyatakan bahwa Manifesto Komunis sebagai salah satu dari "100 Buku Paling Berpengaruh yang Pernah Ditulis," baik dari masa lampau hingga masa kini. Negara-negara besar yang menganut aliran komunis, seperti Uni Soviet (yang telah bubar) dan China, serta para politisi sayap kiri mancanegara mengadopsi pemikiran Marxis. 

Neta L

Neta Pamer Mobil SUV Baru Rp200 Jutaan

Neta, pabrikan mobil listrik asal China, memperkenalkan empat model Neta L di pasar domestiknya. SUV berdesain modern ini menarik perhatian dengan teknologi canggih dan j

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024