Korut Akan Sulap Kawasan Industri Jadi Resort Mewah

Patung Kim Il-sung dan Kim Jong-il di Pyongyang, Korea Utara
Sumber :
  • REUTERS/KCN
VIVAnews -
Hebat! Pasangan Dokter Ini Lagi-lagi Dibanjiri Rekor MURI
Korea Utara berambisi mengubah kawasan industri strategis di kota Wonsan menjadi sebuah lokasi resort mewah. Kim Jong-un sengaja memilih kota Wonsan karena kota itu merupakan daerah wisata favorit sang ayah, Kim Jong-il.

30 Ucapan Selamat Paskah yang Penuh Makna untuk Teman dan Keluarga

Laman Korea
10 Negara Paling Religius di Dunia, Peringkat Indonesia Tak Disangka!
Joongang Daily , Kamis 27 Juni 2013 melansir mereka memperoleh informasi itu dari sebuah dokumen berisi cetak biru yang diberi judul "Rencana Pembangunan Distrik Wonsan". Dalam dokumen itu terpapar tiga jenis pembangunan yang akan dilakukan di Wonsan yaitu distrik finansial, sebuah area hiburan, arena olahraga dan objek wisata.


Dalam laporan itu juga disebut Jong-un berencana membangun Pantao Songdowon di Wonsan menjadi area wisata untuk musim panas dan sebuah resor ski di Gunung Masik pada musim dingin. Gunung Masik berjarak sekitar 20 kilometer dari Wonsan.


Untuk mewujudkan rencana itu, Jong-un dikabarkan akan menutup berbagai pabrik industri berat dan pangkalan udara yang ada di sana.


"Wonsan itu adalah sebuah teluk. Sampah akan mencemari teluk tersebut dan sampah itu tidak akan dapat dikelola dengan baik karena posisi Gunung Masik yang ada di belakang kota. Jadi kami akan menutup berbagai pabrik dan galangan kapal di Wonsan segera," ujar seorang sumber menirukan kalimat Jong-un.


Saat ini proses pengerjaan proyek untuk membangun resor ski di Gunung Masik sudah terlihat. Pembangunan dimulai dari pengerjaan lereng area ski, tiga lift, sebuah kantor untuk penyewaan fasilitas ski dan sebuah hotel.


Jong-un dilaporkan telah mengunjungi lokasi tersebut pada 26 Mei lalu untuk memberikan semangat kepada para pekerja yang tengah membangun resor ski tersebut.


Sumber di kota Seoul mengatakan ambisi Jong-un ini sebenarnya meneruskan cita-cita sang ayah, Kim Jong-il. Hal itu bahkan terungkap jelas dalam sebuah transkrip pembicaraan Pertemuan Tingkat Tinggi kedua negara Korea tahun 2007 silam.


Kim Jong-il kala itu mengatakan kepada mantan Presiden Korsel, Roh Moo-hyn bahwa dia ingin membangun kawasan Wonsan menjadi tujuan berlibur. Kim juga menolak tawaran Roh yang berniat membangun Wonsan menjadi sebuah kawasan industri seperti Kaesong.


Menurut seorang sumber, Jong-un kemungkinan akan mengubah Wonsan menjadi tujuan wisata mirip Gunung Kumgang yang dikelola bersama dengan Korsel. Sayang, kini objek wisata itu ditutup sejak tahun 2008 lalu, akibat penembakan seorang turis Korsel oleh tentara Korut.


Untuk memudahkan pengerjaan proyek, pesawat tempur MiG yang biasanya terparkir di sana kemudian dipindahkan ke unit garis depan di kota Kuup. Namun belum diketahui dengan pasti berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan mega proyek ini dan biaya yang dibenamkan untuk membangunnya.


Seorang sumber menyebut pemerintah Korut berharap limpahan investasi dari sebuah perusahaan Singapura senilai US$1 juta atau Rp9,9 miliar. Pengerjaan proyek ini pun disebut seorang sumber bergantung kepada investasi dari negara luar. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya