Gillard Digulingkan, Rudd Kembali Jadi PM Australia

PM Australia Julia Gillard dan kekasihnya Tim Mathieson
Sumber :
  • REUTERS

VIVAnews - Australia harus berbesar hati kembali menyambut Kevin Rudd untuk menjadi perdana menteri baru mereka. Pasalnya, Rudd berhasil menggulingkan kepemimpinan Julia Gillard dalam pemungutan suara di rapat kaukus Partai Buruh hari ini, Rabu 26 Juni 2013.

Diberitakan BBC, rapat kaukus Partai Buruh hari ini menghasilkan 57 suara dukungan untuk Rudd, sementara Gillard mendapatkan 45 suara. Dengan ini Rudd kembali memimpin Partai Buruh, sekaligus menggantikan Gillard memimpin Australia sebagai perdana menteri.

Kemenangan Rudd kali ini sekaligus menjadi ajang balas dendam setelah dia digulingkan Gillard pada tahun 2010 lalu. Saat itu, Gillard yang menjabat sebagai Wakil PM menantang Rudd untuk melakukan pemilihan di tubuh partai untuk menentukan pemimpin berikutnya.

Rudd menyatakan tidak ikut dalam voting tersebut dan Gillard menang telak. Gillard akhirnya menjadi PM wanita pertama Australia dan berjanji menyelesaikan permasalahan negara yang tidak bisa diatas Rudd: pajak tambang, harga karbon dan pengungsi.

Namun dalam kepemimpinannya, Gillard ternyata tidak lebih baik dari Rudd. Popularitas partai menjadi turun, padahal 14 September mendatang pemilihan umum Australia akan digelar.

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

Wacana soal mengembalikan kepemimpinan Rudd kembali muncul. Banyak anggota Partai Buruh percaya mereka akan berjaya dalam pemilu jika Rudd kembali. Petisi untuk menggelar voting diajukan oleh para pendukung Rudd di partai.

Gillard gerah dan akhirnya dia sendiri yang mengajukan digelarnya voting, dan kali ini Rudd mengiyakan. Sebelum pemilihan dilakukan, Gillard menantang Rudd untuk pensiun dari dunia politik jika kalah. Hal yang sama disampaikan Gillard.

Prediksi Premier League: Fulham vs Liverpool

"Jika kau menang, kau jadi pemimpin partai. Jika kalah, kau pensiun dari politik," tantang Gillard.

"Jika saya kalah, saya tidak akan ikut pemilihan berikutnya, dan saya berterima kasih pada Julia karena membuat komitmen yang sama," jawab Rudd, sebagaimana dilansir ABC beberapa waktu lalu.

Dalam pemilihan, banyak pendukung Gillard yang mengalihkan dukungan mereka pada Rudd. Anggota Partai Buruh percaya Rudd akan lebih banyak menarik dukungan suara dari rakyat ketimbang Gillard.

Dengan kemenangan ini, Rudd secara de facto telah menjadi perdana menteri baru Australia dan akan diambil sumpahnya oleh Gubernur Jenderal. (kd)

Mensos Risma

Mensos Risma Berikan Pesan ke Konten Kreator: Tidak Usah Takut untuk Melangkah!

Dalam acara bertajuk YouTube Seribu Kartini Beda Tapi Sama di Jakarta, Jumat,19 April 2024, Menteri Sosial Risma mengemukakan bahwa seorang kreator konten tidak takut.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024